Perencanaan dan Pembuatan Sistem Pengendali Kunci Pintu Jarak Jauh Dengan Transmisi Gelombang Radio.

ViviSesmaPuspitaSari (2007) Perencanaan dan Pembuatan Sistem Pengendali Kunci Pintu Jarak Jauh Dengan Transmisi Gelombang Radio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah tinggal merupakan hal yang sangat utama bagi individu yang tinggal didalamnya, apalagi jika rumah tersebut sangat luas. Sistem pengunci pintu jarak jauh ini akan memberikan kemudahan bagi user mengontrol keamanan rumahnya, terutama dalam hal penguncian pintu. Cukup dengan menekan tombol keypad yang telah disediakan, user dapat melakukan penguncian pintu dengan mudah dan cepat. Pengendali kunci pintu ini mempunyai dua bagian penting, yaitu unit pengendali dan unit pengunci pintu. Unit pengendali dioperasikan oleh user, sedangkan unit pengunci pintu diletakkan pada masing-masing pintu. Komunikasi antara keduanya menggunakan modulasi frekuensi dengan frekuensi yang sama dan menggunakan sistem half-duplex. Unit pengendali terdiri atas pengendali utama, sistem pengkode data dan sekaligus dekoder data yang diterima. Pemancar dan penerima FM sebagai sarana pengiriman data dari unit pengendali ke unit pengunci pintu atau sebaliknya. Keypad digunakan sebagai data masukan sesuai dengan perintah user. LED dan buzer digunakan sebagai indikator operasi yang dilakukan. Sedangkan unit pengunci pintu terdiri atas pengendali utama dan juga sistem pengkodean data yang keduanya mempunyai fungsi yang sama seperti dalam unit pengendali. Selain itu, di dalam unit pengendali terdapat RTC sebagai pengatur waktu, mekanik pengunci pintu dan dua sensor berupa limitswitch untuk mengetahui keadaan pintu dan keadaan pengunci pintu. Sistem yang dirancang ini mampu mengendalikan 10 pintu dengan jarak jangkauan maksimum 10 meter. Sistem ini disertai dengan alarm indikator keadaan pintu. Dimana jika sensor pintu pada unit pengunci pintu menunjukkan pintu dalam keadaan terbuka, maka data tersebut akan dikirimkan ke unit pengendali untuk mengaktifkan buzer sebagai alarm. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan penguncian pintu secara otomatis pada pukul 9 malam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050703130
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 00:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138530
[thumbnail of 050703130.pdf]
Preview
Text
050703130.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item