Katharina (2007) Pengaruh Air Hujan di Surabaya Terhadap Stabilitas dan Durabilitas Campuran Hot Rolled Sheet (HRS) yang Menggunakan Piropilit sebagai Filler. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Piropilit adalah bahan lokal yang masih relatif murah dan mudah didapat. Piropilit alam Sumbermanjing merupakan salah satu batuan mineral yang mempunyai kandungan silika yang cukup tinggi. Berdasarkan literatur, penggunaan silika dalam campuran beraspal dapat mengurangi penggunaan kadar aspal sehingga dapat lebih meningkatkan potensi stabilitas dan durabilitas Marshall pada campuran. Kota Surabaya memiliki tingkat polusi udara cukup tinggi. Pada waktu hujan, senyawa yang merupakan polutan akan larut dalam air hujan dan menyebabkan air hujan tersebut bersifat asam sehingga dapat merusak lapis perkerasan lentur jalan raya. Campuran HRS (Hot Rolled Sheet) merupakan lapisan permukaan non struktural yang langsung berhubungan dengan hujan asam tersebut. Mineral piropilit dapat diaktifasi dengan asam untuk meningkatkan kinerjanya. Untuk itu bahan tersebut digunakan sebagai filler, yang dikombinasikan dengan abu batu. Dan diberi perlakuan dengan larutan asam 1.5489×10-2 Molaritas, konsentrasi tersebut merupakan konsentrasi terbesar yang terjadi di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan filler piropilit terhadap karakteristik campuran HRS-WC meliputi nilai VIM, VMA, Stabilitas, Flow, MQ dan IKS serta untuk menganalisis pengaruh penggunaan filler piropilit dengan perlakuan asam sebagai asumsi hujan terhadap durabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental murni. Pengujian berskala laboratorium dilakukan pada campuran HRS dengan 7 variasi kadar aspal (6 %, 6.5 %, 7 %, 7.5 %, 8 %, 8.5 % dan 9 %) serta 5 variasi kadar filler (9/0 %, 6/3 %, 4/5 %, 2/7 % dan 0/9 %) untuk mendapatkan kadar aspal optimum dan kadar filler optimum. Setelah didapat kadar aspal optimum dan kadar filler optimum untuk campuran HRS, dibuatkan 12 benda uji pada kondisi optimum. Dengan rincian 6 benda uji tanpa direndam larutan asam (3 benda uji untuk Marshall Standar dan 3 benda uji untuk Marshall Immersion), 6 benda uji lainnya (3 benda uji untuk Marshall Standar dan 3 benda uji untuk Marshall Immersion) direndam larutan asam selama 54 detik setiap hari sampai 28 hari. Semua campuran direncanakan berdasarkan metode Marshall menurut standar metode Bina Marga. Dari hasil iterasi persamaan yang dihasilkan pada analisis regresi dan korelasi dengan metode perhitungan Generalized Newton’s didapatkan kadar aspal optimum 6.336 % terhadap berat total agregat dan kadar filler piropilit optimum sebesar 4.987 % terhadap berat aspal. Dengan kadar aspal dan kadar piropilit optimum tersebut menghasilkan nilai karakteristik campuran HRS sebagai berikut: VIM 3.908 %, VMA 18.654 %, stabilitas 2054.320 kg, flow 3.533 mm, MQ 587.515 kg/mm, dan IKS 85,910 %. Apabila pada kondisi kadar aspal dan piropilit optimum diberi perlakuan perendaman larutan asam, maka nilai karakteristik yang dihasilkan adalah VIM sebesar 3.951 %, VMA sebesar 18.691 %, stabilitas sebesar 2257.200 kg, flow sebesar 2.967 mm dan MQ sebesar 777.548 kg/mm, serta nilai IKS 98,551 %. Dimana nilai-nilai tersebut memenuhi spesifikasi Bina Marga untuk campuran HRS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa polusi udara yang terjadi di kota Surabaya tidak berpengaruh terhadap nilai stabilitas dan durabilitas lapis permukaan perkerasan lentur jalan raya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2007/050702425 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Sep 2007 00:00 |
Last Modified: | 10 Sep 2007 00:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138506 |
Actions (login required)
View Item |