Optimasi Fuzzy Times Series Untuk Memprediksi Besar Nilai Penjaminan Kredit Kur Dengan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Perum Jamkrindo Cabang Kendari)

Wahyuni, Sri (2017) Optimasi Fuzzy Times Series Untuk Memprediksi Besar Nilai Penjaminan Kredit Kur Dengan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Perum Jamkrindo Cabang Kendari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap pelaku usaha pasti ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih besar, untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Pihak bank dapat memberikan kredit usaha rakyat dengan syarat-syarat yang telah ditentukan, salah satunya adalah harus memiliki jaminan. Tetapi tidak semua pelaku usaha memiliki jaminan, oleh karena itu pelaku usaha membutuhkan bantuan dari lembaga penjamin guna membantu pelaku usaha memenuhi syarat yang diminta oleh bank yaitu jaminan. Permintaan dari bank untuk penjaminan kredit terhadap para pelaku usaha, yang terus meningkat tiap bulannya membuat lembaga penjamin harus meningkatkan anggaran untuk melakukan penjaminan terhadap kredit usaha rakyat. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang mampu memprediksi besarnya nilai penjaminan yang nantinya harus disediakan untuk bulan selanjutnya agar dapat memenuhi permintaan bank. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk memprediksi adalah Fuzzy Time Series yang akan dioptimasi menggunakan Algoritme Genetika. Kromosom digunakan untuk merepresentasikan interval dari fungsi keanggotaan. Metode reproduksi yang dilakukan yaitu one-cut-point crossover dan uniform mutation. Serta melakukan proses seleksi dengan menggunakan elitism selection. Hasil optimal yang didapatkan dengan panjang kromosom sebanyak 100, ukuran populasi sebanyak 350, cr dan mr yaitu 0.3 dan 0.6 serta jumlah generasi sebanyak 1000. Nilai error dan fitness yang dihasilkan sebesar 0,00901 % untuk MAPE dan 110.95098192994908 untuk nilai fitness

English Abstract

Every businessmen would want to expand his business to be bigger, to do that it needs a lot of funds. The bank can provide kredit usaha rakyat with some of reqruitment collateral that has be obeyed by bussinesmen, one of them is to provide guarantee, the problem is not all the bussinesment can provide the guarantor. Therefore bussnismen need guarantor institution help in order to fulfill the requiment. As the Demand from banks for credit guarantee to increase every month, it ensures that the guarantor institution must increase its budget to guarantee the kredit usaha rakyat. Therefore a system that is able to predict the amount of guarantee value will be needed in order to meet the demand of the bank. In this research the method used to predict is Fuzzy Time Series which will be optimized using Genetic Algorithm. A chromosome is used to represent the interval of a membership function. The reproduction method is one-cut-point crossover and uniform mutation. And do the selection process by using elitism selection. The optimal results obtained with the length of chromosome as much as 100, the population size of 350, cr and mr of 0.3 and 0.6 and the number of generations as much as 1000. The error and fitness value generated by 0.00901% for MAPE and 110.95098192994908 for fitness value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/754/051711457
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Time Series, Algoritme Genetika, Prediksi, KUR, Penjaminan Fuzzy Time Series, Genetic Algorithm, Prediction, KUR, Guarante
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.2 Forecasting and forecasts
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:45
Last Modified: 16 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13844
[thumbnail of Sri Wahyuni.pdf]
Preview
Text
Sri Wahyuni.pdf

Download (23MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item