SusenoPurwoUtomo (2007) Pengaruh Variasi Sudut Convergent Grid pada Intake Manifold terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas CO Motor Otto Empat Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jumlah penggunaan motor bakar torak oleh kalangan masyarakat dunia pada saat ini semakin meningkat. Akibat peningkatan tersebut, maka jumlah pemakaian bahan bakar minyak juga semakin bertambah dan mengakibatkan kelangkaan ketersediaan bahan bakar minyak Selain itu, polusi udara yang banyak disebabkan oleh gas buang pada kendaraan yang menggunakan motor bakar torak menjadi perhatian yang serius. Untuk itu dilakukan suatu usaha agar proses pembakaran pada motor Otto empat langkah dapat berlangsung lebih baik dan akhirnya dapat meningkatkan unjuk kerja serta mengurangi emisi gas CO yang dihasilkan. Salah satunya dengan cara memasang convergent grid pada intake manifold sehingga diharapkan terjadi proses olakan yang mengakibatkan proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi lebih homogen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sudut lubang convergent grid terhadap unjuk kerja dan emisi gas CO motor Otto empat langkah. Selain itu juga untuk mengetahui sudut lubang convergent grid yang efektif dalam menghasilkan peningkatan unjuk kerja dan emisi gas CO paling rendah. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode experimental. Untuk mengetahui pengaruh sudut lubang convergent grid terhadap unjuk kerja dan emisi gas CO motor Otto empat langkah dipergunakan uji statistik melalui analisis varian dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasangan convergent grid pada intake manifold motor Otto empat langkah dengan variasi sudut lubang pada intake manifold untuk convergent grid bersudut 150 dan 200 dapat meningkatkan unjuk kerja dan mampu mengurangi emisi gas CO yang dihasilkan oleh motor Otto empat langkah, tetapi untuk convergent grid bersudut 100 yang terjadi justru sebaliknya, hal tersebut diakibatkan oleh proses pencampuran bahan bakar dan udara yang kurang homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pula bahwa secara keseluruhan, peningkatan unjuk kerja dan penurunan emisi gas CO motor Otto empat langkah yang paling baik dihasilkan pada pemasangan convergent grid bersudut 200.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2007/050701759 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138385 |
Preview |
Text
050701759.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |