Pemanggang (Oven) Roti Dengan Pengatur Suhu Dan Waktu Otomatis Pada Kompor Gas.

FajarRahadiyan (2006) Pemanggang (Oven) Roti Dengan Pengatur Suhu Dan Waktu Otomatis Pada Kompor Gas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Oven merupakan suatu alat yang sering digunakan untuk memasak roti. Proses memanggang roti ini biasanya menggunakan kompor listrik maupun microwave karena kedua kompor itu sudah memiki fasilitas pengaturan otomatis. Selain mahal harganya, penggunaan kompor listrik ataupun microwave juga membutuhkan penggunaan listrik yang banyak. Dengan naiknya tarif dasar listrik, tentunya kebutuhan penggunaan listrik akan meningkatkan beban kebutuhan keluarga. Untuk mengantisipasi hal itu diperlukan sebuah alat pemanggang yang harganya terjangkau dan mengurangi penggunaan listrik, dengan fasilitas yang sama yaitu memiliki fasilitas pengaturan otomatis. “Pemanggang (Oven) Roti Dengan Pengatur Suhu Dan Waktu Otomatis Pada Kompor Gas” ini memiliki alat pengatur otomatis dengan harga yang lebih murah. Dengan memanfaatkan sensor suhu, motor stepper, dan mikrokontroler, menjadikan alat ini bisa mengatur suhu dan waktu secara otomatis. Sensor suhu yang berupa thermocouple digunakan untuk mendeteksi besarnya suhu di dalam oven. Motor stepper digunakan mengatur aliran gas dan mikrokontroler digunakan sebagai pengatur utama. Penambahan keypad sebagai masukan data suhu dan waktu yang diinginkan dan LCD sebagai unit penampil, akan memberikan kemudahan dalam pengoperasian alat ini. Prinsip kerja alat ini yaitu mikrokontroler akan membaca masukan dari keypad dan membandingkan dengan sensor suhu pada oven. Mikrokontroler akan memantau terus perubahan suhu pada oven dan membandingkan dengan masukan dari keypad apakah telah sesuai. Ketika suhu telah sesuai, maka mikrokontroler akan terus menjaga agar suhu tetap stabil dengan memperbesar atau memperkecil aliran gas dengan menggerakkan motor stepper, sampai waktu yang diinginkan telah tercapai. Pada akhir proses, mikrokontroler akan mengecilkan aliran gas dan akan menyalakan buzzer sebagai penanda bahwa proses pengovenan telah selesai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/050701714
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jul 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138380
[thumbnail of 050701714.pdf]
Preview
Text
050701714.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item