Pengaruh Penambahan Variasi Superplasticizer Sikament LN dan Faktor Air Semen Terhadap Nilai Slump, Berat Isi dan Kuat Tekan Beton Ringan Struktural Beragregat Batuan Andesit Piroksen.

ReviKrisania (2006) Pengaruh Penambahan Variasi Superplasticizer Sikament LN dan Faktor Air Semen Terhadap Nilai Slump, Berat Isi dan Kuat Tekan Beton Ringan Struktural Beragregat Batuan Andesit Piroksen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa kini penggunaan beton ringan struktural untuk elemen-elemen struktur bangunan semakin berkembang pesat, hal ini dikarenakan oleh berat isi yang ringan namun memiliki kuat tekan yang tinggi. Salah satu agregat ringan yang digunakan adalah batuan Andesit Piroksen yang memiliki porositas lebih besar dari batu pecah biasa dan mempunyai berat isi yang lebih rendah pula. Salah satu alasan digunakannya batuan Andesit Piroksen dalam penelitian ini adalah karena keberadaan batuan Andesit Piroksen yang cukup banyak di alam akan tetapi masih belum banyak dimanfaatkan. Karena sifat porus batuan Andesit Piroksen yang besar, membuat kebutuhan air menjadi besar dan hal ini mengakibatkan faktor air semen menjadi rendah begitu pula dengan kuat tekannya menurun. Untuk mengatasi hal ini, maka digunakan bahan tambahan campuran berupa superplasticizer Sikament LN, sehingga workabilitasnya tetap baik begitu pula dengan kuat tekannya yang memenuhi syarat. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui pengaruh penambahan variasi superplasticizer Sikament LN dan faktor air semen terhadap nilai slump, berat isi dan kuat tekan beton ringan beragregat batuan Andesit Piroksen. Dalam rancangan penelitian dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu variasi faktor air semen dan variasi penambahan superplasticizer Sikament LN. Dalam hal ini masing –masing perlakuan dibuat 4 benda uji, dengan variasi faktor air semen yang digunakan adalah 0.425, 0.45, 0.475, 0.5 dan 0.525, sedangkan untuk variasi superplasticizer adalah 0%, 0.4%, 0.8%, 1.2% dan 1.6%, sehingga total benda uji yang diteliti adalah 100 buah, dengan perbandingan agregat halus dan agregat kasar sama yaitu sebesar 1.25 : 1.0, serta perbandingan semen dan agregat yang sama pula yaitu 1 : 4.00 . Data-data hasil penelitian diolah secara statistik dengan menggunakan analisis varian dua arah dan analisis regresi. Hasil yang didapatkan dari analisis data dengan menggunakan analisis varian dua arah menggunakan SPSS 13.0 didapatkan bahwa interaksi antara variasi faktor air semen dan variasi penambahan superplasticizer hanya berpengaruh terhadap kuat tekan beton ringan beragregat batuan Andesit Piroksen. Sedangkan untuk interaksi antara variasi faktor air semen dan variasi penambahan superplasticizer Sikament LN tidak berpengaruh pada nilai slump dan berat isi dari beton ringan beragregat batuan Andesit Piroksen. Penambahan superplasticizer dengan dosis yang tepat juga akan memberikan hasil kuat tekan yang tinggi. Dalam penelitian penambahan dosis superplasticizer optimum adalah 0.68 %. vii

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/771/050801159
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2008 10:19
Last Modified: 21 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138315
[thumbnail of 050801159.pdf]
Preview
Text
050801159.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item