Tipologi Fasade Rumah Tinggal Di Kampung Pahandut Kota Palangkaraya : Studi Kasus Jalan Kalimantan, Sulawesi dan Sumbawa.

Aplikawati, Renina (2006) Tipologi Fasade Rumah Tinggal Di Kampung Pahandut Kota Palangkaraya : Studi Kasus Jalan Kalimantan, Sulawesi dan Sumbawa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan karakteristik tipologi fasade di Kampung Pahandut Kota Palangkaraya pada masa sekarang. Kota Palangkaraya berada di pulau Kalimantan tepatnya di tepi Sungai Kahayan dan merupakan Ibukota Propinsi Kalimantan Tengah. Ditinjau dari letaknya, di sebelah timur embrio Kota Palangkaraya tersebut terdapat Kampung Pahandut yang berada di tepi sungai dalam perkembangannya, kampung ini merupakan kampung terpadat dalam wilayah Kota Palangkaraya karena merupakan titik konsentrasi pertumbuhan bangunan. Berkembangnya pembangunan Kota Palangkaraya mengakibatkan adanya dua struktur ruang, yaitu struktur ruang modern dan struktur ruang tradisional dengan adanya dua struktur ruang tersebut, Kota Palangkaraya berkembang mengikuti perkembangan yang direncanakan dan perkembangan yang terjadi secara spontan. Perkembangan yang direncanakan terjadi pada jari-jari utama kotanya, sedangkan perkembangan yang terjadi secara spontan terjadi di Kampung Pahandut dan sekitarnya yang pada dasarnya merupakan kawasan tepi sungai. Adapun penelitian tipologi fasade rumah tinggal ini, mengambil lokasi studi di Jalan Kalimantan, Sulawesi dan Sumbawa dimana lokasi studi termasuk dalam wilayah Kampung Pahandut Kota Palangkaraya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik tipologi fasade rumah tinggal di Jalan Kalimantan, Sulawesi dan Sumbawa di Kota Palangkaraya dalam kaitannya dengan arsitektur bangunan kota. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan sampel dilakukan secara purposif dengan analisanya adalah bentuk fasade rumah tinggal (berupa: fasade, bentuk atap, bentuk jendela dan bentuk pintu). Penelitian ini menemukan bahwa tipologi fasade rumah tinggal yang berada di Jalan Kalimantan, Sulawesi dan Sumbawa terdapat variasi pada masing-masing bentuk arsitektur, yaitu fasade, bentuk atap, bentuk jendela, bentuk pintu dan juga ditemukan keragaman pada penggunaan material bangunan. Keunikan karakteristik arsitektur fasade pada masing-masing rumah tinggal menunjukkan bahwa desain sebuah rumah tinggal ditentukan oleh keinginan pemilik rumah sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/361/050602164
Subjects: 700 The Arts > 720 Architecture
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2008 12:30
Last Modified: 28 Dec 2021 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138298
[thumbnail of 050602164.pdf] Text
050602164.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item