Perancangan Duplexer Dan Antena Untuk Channel 5 & 12 Pada Teleconference Dengan Menggunakan Gelombang Radio

DonnaAvianty (2006) Perancangan Duplexer Dan Antena Untuk Channel 5 & 12 Pada Teleconference Dengan Menggunakan Gelombang Radio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi telekomunikasi pada era ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, saat ini teknologi telekomunikasi sudah dapat memberikan layanan komunikasi pada masyarakat untuk jarak yang relatif jauh. Sebagai satu contoh, dengan adanya fasilitas telepon, handphone, email, faksimile yang mampu menjangkau komunikasi antar individu pada tempat-tempat yang letaknya berjauhan. Namun hal ini dirasa masih belum cukup memuaskan masyarakat sebab pada hakikatnya komunikasi yang ideal diantara individu adalah dilakukan dengan bertatap muka, layaknya komunikasi verbal yang dilakukannya sehari-hari dengan individu lain dalam jarak yang relatif dekat. Sehubungan dengan hal tersebut pemenuhan kebutuhan komunikasi masyarakat perlu ditingkatkan. Pada skripsi ini dirancang suatu sistem telekomunikasi audio visual dengan menggunakan gelombang radio, yang difokuskan pada perancangan duplexer dan antena untuk channel 5 & 12 yang dapat menunjang sistem telekomunikasi Teleconference dengan menggunakan gelombang radio. Hal ini selaras dengan pemenuhan kebutuhan sekaligus memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat secara layak. Perangkat yang dirancang berupa duplexer dan antena untuk channel 5 & 12 yang dapat menunjang sistem telekomunikasi Teleconference . Rangkaian yang menyusun duplexer adalah rangkaian Band Pass Filter . Sehingga sistem tersebut dapat bekerja sebagai transceiver yang memungkinkan sistem tersebut dapat menerima sinyal dengan frekuensi penerima dan memancarkan sinyal dengan frekuensi pemancar dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan untuk antena dirancang dengan konfigurasi 2 antena dipole yang disusun saling tegak lurus satu sama lain. Hal ini bertujuan supaya pola radiasi yang dipancarkan oleh antena tersebut adalah omnidirectional . Pengujian menunjukkan duplexer hasil perancangan memampukan suatu sistem bekerja sebagai dua fungsi dalam waktu bersamaan, dalam hal ini menjadi transmitter maupun receiver . Pengujian keseluruhan sistem membuktikan bahwa sistem ini bekerja secara full duplex , karena gambar (visual) dan suara (audio) yang berasal dari dua komunikan yang berbeda pada jarak yang relatif berjauhan dan pada waktu yang bersamaan bisa diterima dengan baik dan jelas pada layar tampilan (televisi). Konfigurasi antena yang terdiri dari 2 buah antena dipole yang tegak lurus satu sama lain menyebabkan antena memiliki pola radiasi omnidirectional . Maka perancangan yang difokuskan pada duplexer dan antena untuk channel 5 & 12, terbukti dapat menunjang sistem telekomunikasi Teleconference .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/355/050602122
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2008 12:59
Last Modified: 21 Oct 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138294
[thumbnail of Bagian_Akhir.pdf]
Preview
Text
Bagian_Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Awal.pdf]
Preview
Text
Bagian_Awal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item