Perancangan dan pembuatan Antena Log-Periodic Quad-Yagi dengan frekuensi kerja 100-950 MHZ

Ramadhani, MuhammadIqbal (2006) Perancangan dan pembuatan Antena Log-Periodic Quad-Yagi dengan frekuensi kerja 100-950 MHZ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena perkembangan komunikasi yang beragam saat ini, maka diperlukan suatu antena yang multifungsi, yang dapat digunakan untuk berbagai peralatan dengan berbagai frekuensi. Sehingga suatu antena harus memiliki bandwidth yang sangat lebar dan penguatan yang cukup tinggi dengan berbagai macam tipe polarisasi. Berdasarkan tuntutan kebutuhan tersebut, maka dirancanglah sebuah antena yang merupakan penggabungan dari teknik pembuatan antena Yagi yang memiliki penguatan (gain) yang tinggi, tetapi memiliki bandwidth yang sempit, dengan antena Quad yang memiliki polarisasi linier baik vertikal maupun horizontal dan memiliki ukuran yang relatif kecil, serta digabungkan dengan teknik pembuatan antena log-periodic yang memiliki bandwidth yang lebar. Antena log-Periodic Quad-Yogi ini dibuat dengan menggunakan bahan aluminium, karena almunium adalah konduktor yang ringan, kuat dan mudah diperoleh. Berdasarkan hasil perancangan, antena ini memiliki elemen Reflector sebanyak satu elemen, elemen Driven sebanyak sepuluh elemen, dan elemen Director sebanyak sepuluh elemen. Antena ini dirancang untuk dapat beroperasi dalam jangkauan frekuensi kerja 100 MHz sampai 950 MHz. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Antena log-Periodic Quad-Yogi yang dirancang memiliki impedansi masukan rata-rata sebesar 59,19 Omega, dengan nilai VSWR rata-rata sebesar 1,247. Antena yang dirancang memiliki pola radiasi unidirectional, dengan Gain rata-rata antena ini sebesar 11,093 dB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/050602069
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 May 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138284
[thumbnail of Copy_of_Perancangan_dan_Pembuatan_Antena_Log_Periodic.pdf]
Preview
Text
Copy_of_Perancangan_dan_Pembuatan_Antena_Log_Periodic.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item