Tingkat Kepuasan Konsumen Bakso Bakar Di Kota Malang (Studi Kasus Bakso Bakar Pak Man )

Zakaria, NufikhoRuhiAbi (2016) Tingkat Kepuasan Konsumen Bakso Bakar Di Kota Malang (Studi Kasus Bakso Bakar Pak Man ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus sampai 22 Agustus 2016, di Bakso Bakar Pak Man yang berlokasi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap bakso bakar Pak Man kota malang, kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan pemilihan responden yang ditentukan melalui metode non probability sampling. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Bakso Bakar Pak Man yang berjumlah 100 orang. Data penelitian dianalisis secara deskriptif sekaligus secara statistik menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil bahwa Kualitas produk (X1) menunjukkan nilai thitung (4,895) lebih besar daripada t tabel (1,98) berarti berpengaruh sangat signifikan (ρ-value 0,000) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel harga (X2) menunjukkan nilai thitung (2,782) lebih besar dari ttabel (1,98) yang berarti berpengaruh signifikan (ρ-value 0,007) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel nama baik perusahaan (X3) menunjukkan nilai thitung (6,906) lebih besar daripada ttabel (1,98) yang berarti berpengaruh cukup signifikan (ρ-value 0,000) terhadap vii kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Variabel tempat dan pelayanan (X4) menunjukkan nilai thitung (3,793) lebih besar t tabel (1,98) yang berarti berpengaruh signifkan (ρ-value 0.000) terhadap kepuasan konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain, bahwa karakteristik konsumen di Bakso Bakar Pak Man adalah perempuan yang berusia < 20 tahun yang berstatus pelajar atau mahasiswa dengan pendapatan < Rp 2.000.000. Strategi kepuasan konsumen yang dilakukan oleh Bakso Bakar Pak Man berdasar pada prioritas kualitas produk, harga, nama baik perusahaan, serta tempat dan pelayanan. Variabel yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen adalah nama baik perusahaan (X3) dengan nilai koefisien standardized β sebesar 0,422. Disarankan bagi pihak Bakso Bakar Pak Man untuk membentuk bagian yang bertugas untuk mempromosikan sehingga konsumen yang datang lebih banyak. Selain itu, perlu dipisah antara pegawai yang melayani konsumen, dengan pegawai yang melayani pembayaran untuk menghindari sesuatu yang tidak diingkan oleh pemilik.

English Abstract

This research purpose was to analyze the satisfaction level of the consumers of Bakso Bakar Pak Man, in term of determining factors of buying decision. The method was survey and respondents were collected through non probability sampling by the number of 100 people. The statistical data analysiswas multiple linear regression between the variables of product quality (X1), price (X2), reputation of the company (X3), place and service (X4) toward consumers’ satisfaction (Y).The results revealed that product quality (X1) had t-statistic value 4.895 andρ-value 0.000, indicating that product quality had significant influence toward consumers’ satisfaction of Bakso Bakar Pak Man. The variable of price (X2) had t-statistic2.782 and ρ-value 0.007, indicating that price had a significant influence toward consumers’ satisfaction. Reputation of the company (X3) had t-statistic 6.906 andρ-value 0.000, indicating a significant influence toward consumers’ satisfaction. The variable of place and service (X4) had t-statistic 3.793 and ρ-value 0.000, which led to the interpretation that it had a significant influence toward consumers’ satisfaction. The most dominant variable that affect v consumers’ satisfaction was reputation of the company (X1). It was kindly suggested to Bakso Bakar Pak Man for keeping the product quality and the service in order to maintain consumers’ loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/6/051700759
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Feb 2017 08:56
Last Modified: 14 Mar 2022 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138228
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
A5.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item