Pengaruh Jenis Burung Puyuh Dengan Pemberian Pakan Komersial Yang Berbeda Terhadap Persentase Karkas Dan Organ Dalam Burung Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica)

AjiPradikdo, Bayu (2017) Pengaruh Jenis Burung Puyuh Dengan Pemberian Pakan Komersial Yang Berbeda Terhadap Persentase Karkas Dan Organ Dalam Burung Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2016 sampai 17 Desember 2016 di peternakan puyuh milik Bapak Iskandar di Dusun Bunder RT.07 RW.02, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis burung puyuh yang berbeda dengan pemberian pakan komersial yang berbeda terhadap persentase karkas, persentase jantung, persentase hati, persentase limpa, dan persentase gizzard burung puyuh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jenis burung puyuh dan pemberian jenis pakan komersial yang tepat. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 ekor burung puyuh jenis Bangkok (Coturnix coturnix japonica) dengan koefisien keragaman (KK) 7,69% dan 96 ekor burung puyuh jenis persilangan Bangkok-Lokal (Coturnix coturnix japonica) dengan KK 9,94% yang berumur 15 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan Faktorial (2x3) yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah jenis burung puyuh yang digunakan yaitu Bangkok (A1) dan persilangan Bangkok-Lokal (A2), faktor kedua adalah jenis merk pakan komersial (B1, B2, B3) sehingga didapatkan 6 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan menggunakan 4 ulangan sehingga didapatkan 24 unit kandang percobaan dengan masing-masing unit terdiri dari 8 ekor burung puyuh betina. Variabel yang diamati terdiri dari persentase karkas dan persentase organ dalam (jantung, hati, limpa, dan gizzard) burung puyuh. Analisa data menggunakan analisis keragaman, jika terjadi perbedaan pengaruh perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis burung puyuh yang berbeda memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase karkas dan hati, tetapi tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap persentase jantung, limpa, dan gizzard. Sedangkan jenis pakan komersial yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas dan organ dalam (jantung, hati, limpa, dan gizzard) burung puyuh. Persentase karkas tertinggi yaitu jenis burung puyuh Bangkok dengan pemberian pakan komersial merek A(62,12±2,93%), sedangkan yang terendah adalah burung puyuh jenis persilangan Bangkok-Lokal dengan pemberian pakan komersial merek A (58,29±1,22%). Persentase organ dalam tertinggi adalah hati yaitu jenis burung puyuh Bangkok dengan pemberian pakan komersial merek B (2,48±0,15%) dan terendah adalah burung puyuh jenis persilangan Bangkok-Lokal dengan pemberian pakan komersial merek A (1,97±0,18). Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat interaksi jenis burung puyuh yang berbeda dengan pemberian pakan komersial yang berbeda terhadap persentase karkas dan organ dalam (jantung, hati, limpa, dan gizzard) burung puyuh. Saran yang dapat diberikan adalah untuk menghasilkan persentase karkas yang tinggi adalah menggunakan burung puyuh jenis Bangkok dengan pemberian pakan komersial merek A.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/59/051702937
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:59
Last Modified: 21 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138227
[thumbnail of jurnal_penelitian.pdf]
Preview
Text
jurnal_penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_skripsi_A5.pdf]
Preview
Text
Cover_skripsi_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_A5.pdf]
Preview
Text
skripsi_A5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item