Analisis Preferensi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu Di Warung Susu (Warsu) “Mimikers” Kota Malang

WaisAlqorni, Muhammad (2017) Analisis Preferensi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Susu Di Warung Susu (Warsu) “Mimikers” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi atribut preferensi konsumen dalam membeli produk olahan susu di Warsu “Mimikers” Kota Malang, (2) Untuk menganalisis kepuasan konsumen dalam membeli produk olahan susu di Warsu “Mimikers” Kota Malang, dan (3) Untuk mengetahui apa saja atribut yang menjadi prioritas konsumen dalam membeli produk olahan susu di Warsu “Mimikers” Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara dan memberikan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Preferensi dengan Cohran Q test, Kepuasan dan tingkat kepentingan konsumen dengan CSI (Customer Satisfaction Index) dan IPA (Importance Performance Analysis). Banyaknya responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode Non Probability Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk olahan susu di Warung Susu untuk selanjutnya dipilih sebagai responden. Pemilihan responden diambil dengan teknik accidental sampling. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini memberikan konsumen pilihan berupa atribut-atribut dugaan yang berkaitan dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang ada di Warung Susu untuk kemudian dipertimbangkan untuk dipilih menjadi atribut pilihan. Atribut kualitas produk terdiri dari sembilan atribut, diantaranya adalah : cita rasa, daya tarik, kekentalan cairan susu, variasi pilihan rasa, penyajian, kebersihan produk dan harga. Selanjutnya atribut kualitas pelayanan terdiri dari tujuh atribut, diantaranya adalah : kualitas pelayanan, kecepatan pelayanan, estetika, fasilitas, lokasi, kebersihan tempat dan usaha promosi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap karakteristik responden secara keseluruhan menunjukkan bahwa dari 100 responden sebanyak 54% adalah orang dengan rentan usia antara 20-30 tahun, sebanyak 65% nya adalah konsumen pria, rata-rata pendidikan sebanyak 42% adalah SMA, pekerjaan mayoritas konsumen sebanyak 46% adalah mahasiswa(yang artinya belum bekerja), untuk tingkat pendapatan sebanyak 62% kurang dari 2.000.000,00 rupiah dan sebagian besar yaitu sebanyak 63% bertempat tinggal (domisili) di Kota Malang. Dari hasil pengujian Cohran Q test terhadap 16 atribut (kualitas produk dan kualitas pelayanan) semua responden dianggap sepakat mengenai semua atribut sebagai faktor yang dipertimbangkan. Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) nilai indeks kepuasan konsumen terhadap Warung Susu keseluruhan sebesar 68,34 persen ini dengan begitu indeks kepuasan keseluruhan konsumen termasuk pada kriteria “puas”. Sedangkan hasil dari pengujian IPA (Importance Performance Analysis) menunjukkan terdapat empat atribut yang masuk pada kuadran pertama(prioritas utama) yaitu atribut kecepatan pelayanan, fasilitas tambahan, lokasi dan kekentalan cairan susu. Pada kuadran kedua (pertahankan prestasi) terdapat tujuh atribut, yaitu : atribut cita rasa, daya tarik, variasi pilihan rasa, kemasan penyajian, merek, harga dan kualitas pelayanan. Dan pada kuadran ketiga (prioritas rendah) terdapat tiga atribut, yaitu: atribut volume produk, estetika dan kebersihan tempat. Sedangkan pada kuadran keempat (berlebihan) terdapat satu atribut yaitu atribut promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/43/051702606
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 20 Mar 2017 11:24
Last Modified: 21 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138210
[thumbnail of SKRIPSI_MUHAMMAD_WAIS_ALQORNI-125050101111115.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MUHAMMAD_WAIS_ALQORNI-125050101111115.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item