Elastisitas Permintaan Daging Ayam Jantan Petelur Di Kabupaten Malang

Nurmalitasari, Apriliya (2017) Elastisitas Permintaan Daging Ayam Jantan Petelur Di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan nasional pada divisi pangan merupakan pilar dari pembangunan nasional, sebab kandungan gizi dari pangan yang dikonsumsi akan menentukan kecerdasan bangsa sebagai aset dari pembangunan nasional. Salah satu pendukung pembangunan nasional di bidang pemenuhan pangan ditekankan pada protein hewani melalui sub sektor peternakan, produk yang dihasilkan adalah berupa protein hewani baik dari daging, telur dan susu. Apabila dilihat dari peningkatan jumlah konsumsi daging ayam yang terus melonjak dari tahun ke tahun, akan tetapi konsumsi daging ayam di Indonesia tergolong masih sangat rendah, oleh karena itu salah satu peluang untuk pemenuhan daging ayam ras yang dinilai sedikit maka salah satunya adalah melalui pemenuhan daging dari ayam jantan petelur sebagai substitusi dari ayam kampung dan ayam pedaging. Tujuan penelitian adalah menganalisis elastisitas permintaan daging ayam jantan petelur dan mengetahui faktorfaktor yang berpengaruh terhadap fungsi permintaan daging ayam jantan petelur di Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan pada 20 April 2016 sampai dengan 20 Mei 2016. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kabupaten Malang, dengan penyebaran lokasi penelitian di 4 wilayah pasar yang ada di Kabupaten Malang, Utara: diwakili Pasar Lawang, Timur: Pasar Tumpang, Selatan: Pasar Kepanjen dan barat: Pasar Karangploso. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner dengan melakukan wawancara terkait permintaan akan daging ayam jantan petelur di Kabupaten Malang. Sampel yang diambil dalam penelitian yaitu dengan kriteria responden 1) konsumen yang membeli daging ayam jantan petelur sudah lebih dari 2 kali membeli dan diperuntukkan untuk dijual kembali baik dalam bentuk bahan baku maupun diolah menjadi suatu produk 2) diperuntukkan konsumsi sendiri. Analisis data menggunakan rumus elastisitas harga, elastisitas pendapatan dan elastisitas silang serta fungsi produksi cobb-douglass. Hasil penelitian menyatakan bahwa elastisitas harga dan elastisitas harga silang terhadap daging ayam jantan petelur di Kabupaten Malang bersifat elastis dan elastisitas pendapatan penduduk kabupaten Malang terhadap permintaan daging ayam jantan petelur bersifat in elastis. Faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan akan daging ayam jantan petelur adalah harga daging ayam jantan petelur itu sendiri, harga ikan bandeng, harga daging ayam kampung, pendapatan masing-masing keluarga dan jumlah anggota keluarga. Saran terkait penelitian adalah peningkatan jumlah produksi daging ayam jantan petelur hendaknya terus dilakukan untuk menyeimbangi ketersediaan dengan jumlah permintaan serta pangsa pasar yang mudah didapatkan oleh konsumen sehingga konsumen mudah untuk mendapatkan layaknya daging ayam kampung.

English Abstract

The research objective was to analyze elasticity of the demand for meat of and laying rooster and study factors influenced the demand function for meat of laying rooster in Malang regency. The research was conducted on April 20, 2016 until May 20, 2016. The location of research carried out in the district of Malang, with the market area of four different location in the district of Malang. Analysis of the data were by using the formula of price elasticity, as well as income and cross-Douglass production function Cobb. The study stated that the price elasticity and cross-price elasticities for meat laying rooster in Malang regency was elastic, and elasticity. The result showed that Malang district residents income to the need of meat laying rooster were in elastic. Factors affecting the demand for meat were a laying rooster laying hens meat prices ram itself, the price of fish, chicken meat prices, the income of each family and the number of family.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/122/051704085
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 May 2017 14:05
Last Modified: 21 Oct 2021 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138128
[thumbnail of SKRIPSI_Apriliya_Nurmalitasari_(115050100111084).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Apriliya_Nurmalitasari_(115050100111084).pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 03_KATA_PENGANTAR-DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
03_KATA_PENGANTAR-DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01_COVER.pdf]
Preview
Text
01_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04_ISI_BARU.pdf]
Preview
Text
04_ISI_BARU.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item