Perbedaan Kualitas Semen Segar Sapi Limousine Dengan Sapi Peranakan Ongole Di Balai Besar Inseminasi Buatan (Bbib) Singosari

Kurniawan, Eggi (2016) Perbedaan Kualitas Semen Segar Sapi Limousine Dengan Sapi Peranakan Ongole Di Balai Besar Inseminasi Buatan (Bbib) Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus-28 September 2015 dan berlokasi di BBIB Singosari yang berada di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Uji T untuk menilai perbedaan dari dua kelompok data. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas dan kuantitas semen segar pada sapi Limousine dengan sapi Peranakan Ongole. Materi dalam penelitian ini adalah semen segar sapi bangsa Limousine dan sapi Peranakan Ongole. Variabel yang diukur adalah volume, warna, konsentrasi, konsistensi, pH, motilitas 2 massa, motilitas individu, viabilitas dan abnormalitas semen sapi segar dan digunakan 20 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan (P<0.05) kualitas semen segar pada pengujian viabilitas pada kedua bangsa yakni Limousine 80,9% dan Peranakan Ongole 76,8%, dan abnormalitas Limousine 25,7% dan sapi Peranakan Ongole 29.3%. Sedangkan pada perlakuan lain yakni warna, pH, konsistensi, motilitas massa, volume, dan motilitas individu serta konsentrasi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kedua bangsa yakni Limousine dan Peranakan Ongole (P>0.05) atau tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata motilitas individu semen segar pada sapi Limousine dengan sapi Peranakan Ongole. Kesimpulan dari penelitian adalah hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas semen segar sapi Limousine dengan sapi Peranakan Ongole pada Viabilitas dan Abnormalitas, Sedangkan pada warna, pH, volume, konsistensi, motilitas massa dan motilitas individu serta konsentrasi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/87/051603341
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2016 13:29
Last Modified: 26 Apr 2016 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138088
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item