Pengaruh Penambahan Sari Buah Naga Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Pada Stirred Yoghurt Ditinjau Dari Kandungan Karbohidrat,Protein, Lemak, Serat Dan Abu

Nilamsari (2016) Pengaruh Penambahan Sari Buah Naga Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Pada Stirred Yoghurt Ditinjau Dari Kandungan Karbohidrat,Protein, Lemak, Serat Dan Abu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Laboratorium Nutrisi Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan 26 Januari 2015 sampai dengan bulan 20 Februari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah naga super merah (Hylocereus costaricensis) serta mengetahui kombinasi perlakuan terbaik agar dihasilkan stirred yoghurt yang berkualitas tinggi ditinjau dari kadar karbohidrat, protein, lemak, serat dan abu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan buah naga super merahsebagai binder dalam produk susu olahan stirred yoghurt memberikan informasi dalam pembuatan stirred yoghurt dengan penambahan buah naga super merah serta memberikan manfaat bagi masyarakat, praktisi dan industri pangan yang terkait dalam pengolahan pangan. Materi penelitian yaitu stirred yoghurt dibuat dengan bahan: set yoghurt 88% (1320 mL), sari buah naga super merah dan larutan gula 12% (180 mL). Metode yang digunakan pada percobaan penelitian ini yaitu percobaan penelitian laboratorium dengan perhitungan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan pada penelitian yaitu perlakuan tanpa penambahan sari buah naga vii super merah 0% (P0), perlakuan dengan penambahan sari buah naga super merah pada stirredyoghurt 5% (P1),10% (P2) dan 15% (P3). Variabel yang diamati yaitu kadar karbohidrat, protein, lemak, serat dan abu. Data yang diperoleh dari variabel tersebut, selanjutnya diolah dengan Microsoft Excel, rata-rata yang diperoleh dianalisis statistik menggunakan ANOVA. Hasil yang berbeda atau signifikan akan dilanjutkan dengan menggunakan Uji Berbeda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari buah naga super merah dengan konsentrasi yang meningkat menunjukkan perbedaan sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai karbohidrat, serat dan abu, akan tetapi memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap nilai lemak, selain itu tidak memberikan pengaruh nyata terhadap nilai protein stirred yoghurt sari buah naga. Rata-rata persentase karbohidrat, kadar protein, lemak, serat dan abu pada stirred yoghurt dengan penambahan sari buah naga super merah 15% antara berturut-turut adalah 48,74, 7,78, 18,55, 1,81 dan 5,02%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan sari buah naga super merah dapat meningkatkan kualitas stirred yoghurt yang dapat meningkatkan kandungan karbohidrat, meningkatkan nilai protein, menurunkan nilai lemak, meningkatkan serat dan meningkatkan abu dengan nilai yang masih memenuhi standar yoghurt, namun karbohidrat, kadar protein dan seratdiatas standar internasional pada minuman probiotik. Saran yang dapat diberikan untuk mendapatkan hasil stirredyoghurt dengan kualitas kimia (karbohidrat, kadar protein, lemak, serat dan abu) yang baik yaitu menggunakan konsentrasi 15% untuk penambahan sari buah naga super merah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/39/051603293
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 May 2016 14:31
Last Modified: 20 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138023
[thumbnail of A5_nilamm(1).pdf]
Preview
Text
A5_nilamm(1).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_A4_(1).pdf]
Preview
Text
COVER_A4_(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_A4_(1).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_A4_(1).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover_A5.pdf]
Preview
Text
cover_A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item