Pengaruh Level Filtrat Kecambah Kacang Hijau Dalam Pengencer Susu Skim Terhadap Kualitas Semen Cair Pejantan Sapi Madura Pada Penyimpanan Suhu Ruang

Anastasia, YuliaIndri (2016) Pengaruh Level Filtrat Kecambah Kacang Hijau Dalam Pengencer Susu Skim Terhadap Kualitas Semen Cair Pejantan Sapi Madura Pada Penyimpanan Suhu Ruang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inseminasi Buatan (IB) merupakan teknologi reproduksi yang sudah umum digunakan digunakan di kalangan masyarakat peternak karena efisien dan biayanya murah. Teknologi IB saat ini banyak menggunakan semen cair daripada semen beku karena semen cair prosesnya lebih mudah, biayanya lebih murah dan kualitas spermatozoa lebih baik. Semen yang telah ditampung dapat dilakukan pengenceran salah satunya menggunakan pengencer susu skim untuk menambah volume dan mempertahankan kualitas semen. Banyak dilakukan penelitian tentang penambahan bahan alami dalam pengencer untuk lebih mempertahankan kualitas semen, salah satunya yaitu menggunakan filtrat kecambah kacang hijau dimana di dalam filtrat kecambah kacang hijau mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2015 sampai Januari 2016 di Laboratorium Reproduksi Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh level penambahan filtrat kecambah kacang hijau dalam pengencer susu skim terhadap kuliatas semen cair pejantan sapi Madura pada penyimpanan suhu ruang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu viii semen segar sapi Madura afkir yang berumur 6-11 tahun dengan motilitas 50-65%, bahan pengencer semen yang digunakan yaitu pengencer susu skim dengan level penambahan filtrat kecambah kacang hijau 0%, 2%, 4%, dan 6% dan perbandingan pengencer dengan semen yaitu 1:10. Semen yang telah diencerkan disimpan pada suhu ruang selama 6 jam dan setiap 2 jam dilakukan pengamatan meliputi motilitas, viabilitas, dan abnormalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan laboratorium menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola Tersarang (Nested). Analisis data yang digunakan adalah analisis ragam/analisis of variance (ANOVA) apabila diantara perlakuan menunjukkan perbedaan pengaruh yang nyata atau sangat nyata, akan dilakukan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (Duncan’s Multiple Range Test). Variabel pengamatan yang dilakukan secara makroskopis untuk semen segar meliputi volume, warna, bau, pH dan konsistensi serta secara mikroskopis yaitu motilitas massa, motilitas individu, viabilitas, abnormalitas dan konsentrasi dan untuk semen cair hanya dilakukan pengamatan mikroskopis meliputi motilitas, viabilitas dan abnormalitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa level penambahan filtrat kecambah kacang hijau dalam pengencer susu skim terhadap kualitas semen cair sapi Madura pada penyimpanan suhu ruang tidak memberikan perbedaan yang signifikan (P>0,05) pada motilitas, viabilitas, dan abnormalitas spermatozoa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah level penambahan filtrat kecambah kacang hijau dalam pengencer susu skim terhadap kualitas semen cair sapi Madura pada penyimpanan suhu ruang tidak memberikan perbedaan yang signifikan (P>0,05) pada motilitas, viabilitas dan abnormalitas. Disarankan dilakukan lagi penelitian lebih lanjut dengan menggunakan semen dengan persentase motilitas semen segar (≥70%).

English Abstract

The objective of the research was to the best effect of adding mungbean sprouts filtrate in skim milk diluent to the quality of Madura bull spematozoa at room temperature storage. The material in this research was the fresh semen of Madura bull 6-11 years old with percentase of motility 50-65% was taken from the Center for Artificial Insemination Singosari, Malang. The method used in this research was experiment at laboratory with randomized block design, consisting of four levels filtrate mungbean sprouts 0%, 2%, 4%, and 6% from the amount of diluent was 1 ml of skim milk with 7 repetitions each and stored at room temperature for 6 hours, every 2 hours to evaluate the quality of liquid semen namely motility, viability, and abnormalities. The result showed that the effect of the level of addition of mungbean sprouts filtrate in skim milk diluent at room temperature storage did not provide a significant difference (P>0.05) in sperm motility, viability, and abnormalities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/269/ 051607346
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Sep 2016 13:01
Last Modified: 13 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137886
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 2._kata_pengantar_dll.pdf]
Preview
Text
2._kata_pengantar_dll.pdf

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3._isi.pdf]
Preview
Text
3._isi.pdf

Download (617kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item