Pengaruh Penambahan Bubuk Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) Terhadap Tekstur, Warna Kuning Telur, Kadar Air dan Antioksidan Telur Puyuh Asin

Apriyanti, NurulDwi (2016) Pengaruh Penambahan Bubuk Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) Terhadap Tekstur, Warna Kuning Telur, Kadar Air dan Antioksidan Telur Puyuh Asin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh presentase penambahan bubuk temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) terhadap kualitas telur puyuh asin dan mengetahui presentase untuk menghasilkan kualitas terbaik yang ditinjau dari nilai tekstur, warna kuning telur, kadar air, dan antioksidan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi masyarakat dan industri pangan tentang pengaruh pemanfaatan bubuk temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) sebagai aktivitas antioksidan dalam proses pengasinan terhadap kualitas telur asin, memberikan inovasi pengolahan telur asin yang menghasilkan produk bahan pangan yang sehat, aman dikonsumsi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang kualitas telur asin dengan penambahan bubuk temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang mulai Desember 2015 sampai Januari 2016. Materi yang digunakan adalah telur puyuh, garam grasak, bubuk temulawak, batu bata, dan abu gosok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan dalam penelitian ini adalah P0 = Tanpa penambahan bubuk temulawak (control), P1 = Penambahan bubuk temulawak 5% dari total adonan pasta, P2 = Penambahan bubuk temulawak 10% dari total adonan pasta, P3 = Penambahan bubuk temulawak 15% dari total adonan pasta, P4 = Penambahan bubuk temulawak 20% dari total adonan pasta. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis (ANOVA) rancangan acak lengkap dan apabila ada perbedaan pengaruh diantara perlakuan maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan bubuk temulawak memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap antioksidan telur puyuh asin yaitu sebesar 42,69±7,88 (P4)-244,37±40,6 (P0), dan (P<0,05) pada kadar air kuning telur sebesar 60,2501±13,26 (P4)-37,36±6,21 (P0), tetapi tidak memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap tekstur, warna kuning telur,dan kadar air telur puyuh asin. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu penambahan konsentrasi bubuk temulawak dengan pemberian yang berbeda pada pembuatan telur puyuh asin dapat meningkatkan tekstur, kadar air pada telur puyuh asin, dan juga berpengaruh pada intensitas warna pada kuning telur. Penambahan konsentrasi bubuk temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) pada uji antioksidan menunjukkan perbedaan yang sangat nyata. Perlakuan terbaik penambahan bubuk temulawak dengan konsentrasi yang berbeda pada pembuatan telur puyuh asin adalah pada perlakuan penambahan bubuk temulawak 15% (P3) dengan nilai tertinggi 5,02.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/177/051605096
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:48
Last Modified: 20 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137784
[thumbnail of KOMPLIT.pdf]
Preview
Text
KOMPLIT.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover,_pengesahan.pdf]
Preview
Text
cover,_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Bener_Iyung_REVISI_1.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bener_Iyung_REVISI_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of EFFECT_OF_CURCUMA_POWDER_(Curcuma_xanthorrhiza_Roxb)_ADDITIO.pdf]
Preview
Text
EFFECT_OF_CURCUMA_POWDER_(Curcuma_xanthorrhiza_Roxb)_ADDITIO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI,_abstrak.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI,_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item