Pengaruh Penambahan Probiotik Lactobacillus Sp. Bentuk Tepung Dalam Pakan Terhadap Performa Produksi Ayam Petelur

Prawatya, AdyaSardana (2015) Pengaruh Penambahan Probiotik Lactobacillus Sp. Bentuk Tepung Dalam Pakan Terhadap Performa Produksi Ayam Petelur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The purpose of this study was to find the effect of probiotic Lactobacillus sp. level in feed on feed consumtion, Hen Day Production (HDP), feed convertion, mortality and IOFC. The materials used in this experiment were 100 laying hens aged one year old. Feeds were used commercial concentrate produced by PT. Cargill Indonesia and probiotic Lactobacillus sp. Graded levels of Lactobacillus sp. were added to dietary formula treatments consisted of four treatments. Probiotic Lactobacillus sp. is added at 0% in the feed (P0), 0.2% in the feed (P1), 0.4% in the feed (P2), and 0.6% in the feed (P3). Each treatment was repeated five times. The variables measured were feed consumtion (g/bird/day), Hen Day Production (%), feed convertion, mortality (%) and IOFC (Rp). Data were analyzed by analysis of variance of the Completely Random Design (CRD), if between treatment showed significant effect were analysed by Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).The result of this research shows that the use of probiotic Lactobacillus sp. flour term in feed give a real distinction ( P<0,05) towards feed convertion, give unreal v distincion (P>0,05) towards feed consumption and IOFC and show real distinction (P<0,01) towards Hen Day Production (HDP). In layers is recommended to use the level of provision of 0.2%, because in this range shows the best results.

English Abstract

Probiotik adalah mikroba hidup menguntungkan (non patogen) yang mempengaruhi induk semang pada hewan atau manusia untuk perbaikan keseimbangan mikroorganisme saluran pencernaan, probiotik yang digunakan Lacctobacillus sp. dalam bentuk tepung. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2014 sampai dengan 17 Juli 2014 di peternakan milik Bapak Supi’i yang beralamat di dusun Kunci Desa Wringin Anom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Analisis proksimat bahan pakan dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan level optimal pemberian probiotik Lactobacillus sp. bentuk tepung dalam pakan terhadap performa produksi ayam petelur yang terdiri dari konsumsi pakan, Hen Day Production (HDP), konversi pakan, dan Income Over Feed Cost (IOFC). Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan pakan unggas dalam bentuk produk probiotik, khususnya vii ayam petelur yang nantinya dapat diproduksi dalam skala industri dalam menunjang peningkatan manfaat peternakan ayam dalam penyediaan telur. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam petelur Isa Brown berumur 1 tahun yang berjumlah 100 ekor yang diamati selama 45 hari. Kandang yang digunakan untuk penelitian adalah kandang battery yang telah disekat dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi = 30 x 30 x 40 cm/kotak. Tiap kotak battery dilengkapi dengan tempat pakan yang disekat dan tempat minum. Pakan basal yang digunakan adalah campuran dari 50% jagung, 30% konsentrat serta 20% bekatul. Konsentrat yang digunakan adalah konsentrat layer komersial yang diproduksi oleh PT. Cargill Indonesia. Metode yang digunakan adalah percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan, dengan setiap ulangan terdiri dari 5 ekor layer umur 1 tahun. Probiotik Lactobacillus sp yang ditambahkan sebanyak 0% dalam pakan (P0), 0,2% dalam pakan (P1), 0,4% dalam pakan (P2), dan 0,6% dalam pakan (P3). Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan, Hen Day Production (HDP), konversi pakan, dan Income Over Feed Cost (IOFC). Data diolah dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA) dari Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan probiotik Lactobacillus sp. bentuk tepung dalam pakan memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap konversi pakan, memberikan perbedaan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC) serta menunjukkan hasil perbedaan yang sangat nyata (P<0,01) terhadap Hen Day Production (HDP). viii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan probiotik Lactobacillus sp. bentuk tepung dengan konsentrasi sampai 0,2% memberikan pengaruh terbaik pada penampilan produksi ayam petelur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/71/ 051502835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Apr 2015 10:00
Last Modified: 20 Apr 2015 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137668
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item