Pengaruh Pemberian Pakan Fermentasi Dengan Kultur Bakteri Azotobachter Terhadap Produksi Susu Dan Efisiensi Pakan Sapi Perah Pfh

Rizki, Yanwar (2015) Pengaruh Pemberian Pakan Fermentasi Dengan Kultur Bakteri Azotobachter Terhadap Produksi Susu Dan Efisiensi Pakan Sapi Perah Pfh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The purpose of this research was to now the effect bacteria Azotobachter in fermented feed to milk production and feed efficiency dairy cattle PFH. The materials of this research used 8 dairy cattle PFH an average of 6 years old. The treatments were (P0) without fermented feed, (P1) fermented feed. Data were analyzed by using t test. The variables observed were milk production and feed efficiency. Average milk production and feed efficiency were 9.79±2.99 L/head/day ; 10.69±3.19 L/head/day and 0.73±0.22 ; 0.83±0.32. The results of the analysis statistics show there is no significant differences, on the production of milk and on the efficiency of feed on dairy cattle PFH gave a without fermented feed and with gave fermented feed. Conclusion of this research the addition of fermented feed with bacteria Azotobachter feed not affect on the milk produced and feed efficiency dairy cattle PFH.

English Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 September – 14 November 2014 di rumah Bapak Suwanto dan Bapak Supeno di Dusun Rejomulyo Desa Sugih waras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan fermentasi terhadap produksi susu dan efisiensi pakan pada sapi perah PFH. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada peternak tentang pakan yang difermentasi dengan kultur bakteri Azotobachter. Materi penelitian adalah menggunakan 8 ekor sapi perah PFH yang berumur rata-rata 6 tahun, rata-rata laktasi ke-3 dan rata-rata bulan laktasi ke-4 sampai ke-6. Metode penelitian adalah metode percobaan dengan 2 perlakuan, dimana P0 adalah Pemberian pakan tanpa fermentasi dan P1 adalah Pemberian pakan fermentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan uji t tidak berpasangan untuk melihat pengaruh pemberian pakan fermentasi dengan kultur bakteri Azotobachter terhadap produksi susu dan efisiensi pakan. Hasil penelitian didapatkan bahwa rataan produksi susu sapi perah PFH tanpa pemberian pakan fermetasi (P0) dan rataan produksi susu sapi PFH dengan pakan fermentasi (P1) adalah 10,59±3,15 liter/ekor/hari:13,99±2,25 liter/ekor/hari. Rataan efisiensi pakan sapi PFH yang diberi pakan tanpa fermentasi (P0) dan pakan fermentasi (P1) adalah 0,73±0,22:0,83±0,32. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang nyata, terhadap produksi susu dan efisiensi pakan pada sapi perah PFH yang diberi pakan tanpa fermentasi dan yang diberi pakan fermentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan fermentasi dengan kultur bakteri Azotobachter tidak memberikan pengaruh terhadap produksi susu dan efisiensi pakan sapi perah PFH. Saran yang dapat diberikan bahwa pakan fermentasi dapat digunakan sebagai alternatif pemanfaatan limbah pertanian agar ketersediaan pakan tersedia kontinyu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/68/ 051502832
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Apr 2015 10:40
Last Modified: 20 Apr 2015 10:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137663
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item