Daya Hambat Ekstrak Daun Beluntas (Plucheas indica less) Kering Dengan Pelarut Aquades Terhadap Bakteri Streptococcus dysgalactiae Penyebab Mastitis Sapi Perah

Mu`adah, Nurul (2015) Daya Hambat Ekstrak Daun Beluntas (Plucheas indica less) Kering Dengan Pelarut Aquades Terhadap Bakteri Streptococcus dysgalactiae Penyebab Mastitis Sapi Perah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

The purpose of this research was to know inhibition activity with water extract of dry Pluchea indica on Streptococcus dysgalactiae that caused mastitis in dairy cow. The materials used were Streptococcus dysgalactiae, extract of dry Pluchea indica and iodip. The methods was laboratory experiment used well diffusion method with 4 treatments and 6 replications. The variable observed was that inhibition zone of Streptococcus dysgalactiae growth. The result showed that the extract of dry Pluchea indica was different F (P<0.05), thus proceed with Duncans multiple range test analysis. The extract of dry Pluchea indica with between treatment 30% (P1) and 40% (P2) have not been able to keep up with iodip. However, the concentration of 50% (P3) was able to exceed iodip. The conclusion was the water extract of dry Pluchea indica are able to inhibit the growth of Streptococcus dysgalactiae. The water extract of Pluchea indica in 50% concentration can exceed iodip. Suggestion were using extract of Pluchea indica with concentration 50% for teat dipping and new easy method for application.

English Abstract

Penelitian daya hambat ekstrak daun beluntas (Pluchea indica L.) kering dengan pelarut aquades terhadap bakteri Sterptococcus dysgalactiae penyebab mastitis pada sapi perah dilakukan pada bulan 1 Desember 2014- 1 Januari 2015 di Laboratorium Bakteriologi Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan di Laboratorium kimia Politeknik Negeri Malang. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui perbandingan daya hambat ekstrak daun beluntas (Pluchea indica L.) kering dengan pelarut aquades terhadap bakteri Streptococcus dysgalactiae penyebab mastitis pada sapi perah. Manfaat penelitian diharapkan bahwa ekstrak daun beluntas dengan pelarut aquades memiliki zat antibakteri alami mampu menggantikan iodip sebagai larutan teat dipping dalam proses pemerahan. Materi penelitian adalah bakteri Streptococcus dysgalactiae yang diperoleh dari hasil pembiakan bakteri di Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Bahan yang digunakan dalam penelitian yaitu aquades, ekstrak daun beluntas dan larutan Iodip. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan di laboratorium menggunakan metode sumuran dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan dan 6 vi ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah ekstrak daun beluntas dengan pelarut aquades dengan konsentrasi P1 (30%,) P2 (40%), P3( 50%) dan P0 (iodip) sebagai kontrol atau pembanding. Variabel yang diukur dalam penelitian adalah daya hambat ekstrak daun beluntas terhadap pertumbuhan bakteri setiap perlakuan dimana data yang diperoleh dianalis menggunakan ANOVA one way dan dilanjutkan dengan uji jarak nyata Duncan apabila terdapat perbedaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa larutan iodip yang digunakan pembanding dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus dysgalactiae berbeda nyata (P<0.05). Diperoleh hasil bahwa pada ekstrak daun beluntas 30% (P1) dan 40% (P2) belum mampu mengimbangi daya hambat iodip (P0) sedangkan konsentrasi 50% (P3) dapat mengimbangi daya hambat iodip (P0). Disimpulkan bahwa ekstrak daun beluntas kering dengan konsentrasi 30% dan 40% memiliki kemampuan lebih rendah dari iodip sedangkan konsentrasi 50% mampu melebihi daya hambat pertumbuhan bakteri dari pada iodip. Disarankan menggunakan ekstrak daun beluntas konsentrasi 50% dan mengembangkan metode baru untuk mempermudah dalam proses penerapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/67/ 051502831
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Apr 2015 10:54
Last Modified: 20 Apr 2015 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137662
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item