Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Ice Cream Di “Toko Oen” Kota Malang

Wijayanti, DianSukma (2015) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Ice Cream Di “Toko Oen” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dalam usaha bisnis pada masa modern sangat ketat, kebutuhan konsumen akan barang dan jasa terus meningkat, banyaknya restaurant atau kedai bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen.Cara agar tetap mempertahankan konsumen adalah dengan menciptakan citra merek pada suatu badan usaha agar konsumen tidak mudah melupakan citra merek pada suatu badan usaha sehingga tercipta konsumen yang setia. Merek merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial manusia di Dunia. Merek dapat meningkatkan kualitas seseorang di mata orang lain. Badan usaha dalam meningkatkan mutu penjualan harus menerapkan citra nya sendiri agar citra badan usaha tidak mudah dilupakan oleh konsumen. Citra merek dapat diperhatikan melalui Citra Perusahaan (Corporate Image), Citra Pemakai (User Image) dan Citra Produk (Product Image). Kota Malang memiliki banyak tempat makan ataupun cafe yang menjual berbagai macam makanan maupun kudapan, sehingga persaingan bisnis di kota Malang pun semakin ketat. “Toko OEN” merupakan kedai ice cream di Malang yang dibangun sejak tahun 1930. “Toko OEN” dapat terus berkembang hingga sekarang. Disaat tempat makan semakin besar jumlah nya di kota Malang, “Toko OEN” dapat terus mempertahankan kedai ice cream nya. Konsumen yang datang semakin banyak jumlahnya hingga sekarang. Gedung bangunan, perabotan, resep selalu dipertahankan dan tidak berubah dari tahun 1930 hingga sekarang, bahkan konsumen Toko Oen rata – rata adalah tamu dari luar kota Malang ataupun luar negeri. Produk khas “Toko OEN” adalah ice cream dan steak. Ice cream di “Toko OEN” terkenal sejak tahun 1930. Pemilik “Toko OEN” tetap mempertahankan kualitas rasa dan tidak pernah merubah resep ice cream sejak tahun 1930 hingga sekarang sehingga menjadikan “Toko OEN” sebagai kedai ice cream tertua di kota Malang. “Toko OEN” mengusung tema ice cream Belanda, karena pada jaman dahulu ice cream di “Toko OEN” hanya dinikmati oleh kaum Belanda walaupun resep dan bahan ice cream didapat dari Indonesia. Penelitian dilaksanakan di “Toko OEN” yang berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat no. 5 Malang. Penelitian dilaksanakan pada 20 April sampai 19 mei 2015. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen di “Toko OEN” kota Malang. Metode pemilihan lokasi yang digunakan adalah purposive sampling atau pemilihan tempat atau lokasi secara sengaja atau sudah direncanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survey merupakan metode pengumpulan data primer yang diperoleh melalui pengamatan secara langsung dan wawancara dengan responden. Teknik yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah 100 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dari 100 responden. Karakteristik responden di Toko Oen dilihat dari jenis kelamin responden yang terbesar adalah perempuan sebesar 51%. Karakteristik usia responden yang terbesar adalah usia antara 21 sampai 25 tahun sebesar 35%. Karakteristik responden berdasarkan pendidikan responden yang terbesar adalah sarjana sebesar 51%. Karakteristik responden berdasarkan asal kedatangan responden yang terbesar adalah berasal dari luar kota sebesar 46%. Karakteristik responden berdasarkan pendapatan responden yang terbesar adalah > 10.000.000 sebesar 33%, pendapatan yang cukup tinggi dikarenakan pengunjung Toko Oen sebagian besar adalah warga negara asing. Karakteristik responden berdasarkan pekerjaan responden yang terbesar adalah pegawai swasta sebesar 33%. Tingkatan Loyalitas terdiri dari perekomendasian konsumen kepada teman atau kerabat terdekat, membeli produk kembali dalam jangka waktu tertentu dan melakukan pengorbanan lebih besar dalam mengkonsumsi produk. Faktor “Kualitas Pelayanan dan Konsistensi Rasa”, Faktor “Pengaruh Produk dengan Gaya Hidup” Faktor “Fasilitas dan Nama Besar Usaha”, Faktor “Cita Rasa terhadap Kepuasan Konsumen”, Faktor “Pengaruh Harga dengan Kebersihan Tempat” sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen ice cream di Toko Oen dan diikuti oleh Faktor “umur” serta Faktor “Pendapatan” berpengaruh terhadap loyalitas konsumen ice cream di Toko Oen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/228/051509024
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jan 2016 13:40
Last Modified: 20 Oct 2021 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137500
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP,_ABSTRACT,_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP,_ABSTRACT,_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_EXCEL__1_.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_EXCEL__1_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_-_BAB_5_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
BAB_1_-_BAB_5_DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item