Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Daging Babi Di Supermarket “Loka”, Kota Malang

Mutiara (2015) Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Daging Babi Di Supermarket “Loka”, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku konsumen dalam melakukan pemilihan sumber pangan dikatakan berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk yang dipilih adalah dengan melakukan analisis terhadap konsumen. Analisis perilaku konsumen akan menghasilkan pengetahuan tentang faktor-faktor tertentu yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih suatu produk. Daging babi merupakan salah satu produk sumber pangan yang mempunyai nilai gizi, namun daging babi tidak dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan hanya kalangan tertentu yang mengkonsumsi sehingga dengan menganalisis perilaku konsumen dalam memilih daging babi dapat megetahui alasan dalam keputusan pembelian daging babi. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan 6 April hingga 6 Mei 2015 di Supermaket “LOKA”. Penentuan lokasi berdasarkan purposive method. Supermarket LOKA bertempat di Malang City Point Mall yang terletak di Jalan Raya Dieng 32, Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam keputusan pembelian daging babi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pengambilan dalam membeli daging babi di Supermarket “LOKA”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan informasi untuk mengetahui tentang perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk pangan dalam hal ini daging babi. Metode penelitian menggunakan metode survei terhadap konsumen. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data primer yang diambil dari responden. Sampel pada penelitian ini yaitu konsumen yang membeli daging babi di Supermarket “LOKA”, dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode accidental. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi berganda. Sebelum dilakukan analisis faktor data dianalisis dengan uji intrumen data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menyatakan dari ke 34 indikator dalam penelitian ini dinyatakan valid. Setelah uji validitas kemudian hasil reliabilitas dari 34 indikator dalam penelitian ini juga dinyatakan reliabel. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data menjadi faktor baru dan memiliki penamaan baru untuk setiap faktor yang terbentuk. Berdasarkan hasil analisis faktor dari 34 indikator, maka dibentuk 10 faktor baru. Faktor yang terbentuk terdiri dari “tempat penjualan dan harga”, “dorongan psikologis”, “lingkungan dan budaya”, “media promosi”, “penataan barang, kandungan gizi dan kualitas produk”, “cantuman harga, tingkat kesukaan dan gaya hidup”, “keunggulan lokasi”, “strategi promosi”, “jaminan produk” dan “pelayanan konsumen”. Karakteristik dari 100 responden yaitu mayoritas berumur 31-40 tahun, didominasi oleh konsumen perempuan, pekerjaan konsumen didominasi oleh profesi sebagai pegawai swasta serta mayoritas memiliki tingkat pendidikan terakhir yaitu sarjana (S1) dengan penghasilan mayoritas responden yang diteliti yaitu dengan penghasilan Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa faktor “tempat penjualan dan harga” menjadi faktor yang sangat menentukan keputusan pembelian daging babi di Supermarket “LOKA”. Faktor “tempat penjualan dan harga” ”, “dorongan psikologis”, “lingkungan dan budaya”, “media promosi”, “penataan barang, kandungan gizi dan kualitas produk”, “cantuman harga, tingkat kesukaan dan gaya hidup”, “keunggulan lokasi”, “strategi promosi”, “jaminan produk” dan “pelayanan konsumen” secara positif dan signifikan memberikan kontribusi sebesar 56,2 % terhadap keputusan pembelian daging babi di Supermarket “LOKA”. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pengambilan keputusan yang kompleks terhadap daging babi di Supermarket “LOKA” didasarkan atas pembelian produk sesuai keinginan konsumen yang diikuti loyalitas, keinginan mencoba dan keterbatasan waktu. “Tempat penjualan dan harga” merupakan pertimbangan pertama terhadap keputusan pembelian dan “pelayanan konsumen”, “dorongan psikologis”, “lingkungan dan budaya”, “media promosi”, “penataan barang, kandungan gizi dan kualitas produk”, “cantuman harga, tingkat kesukaan dan gaya hidup”, “keunggulan lokasi”, “strategi promosi”, “jaminan produk” menjadi pertimbangan kedua konsumen terhadap keputusan pembelian pembelian daging babi di Supermarket “LOKA”. Saran yang dapat diberikan yaitu bahwa tempat penjualan dan pelayanan tempat yang diberikan merupakan faktor utama yang membuat konsumen nyaman sehingga peningkatan fasilitas, pelayanan konsumen dan kualitas produk-produk yang dijual di supermarket “LOKA” akan membuat konsumen semakin loyal terhadap “LOKA”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/186/051508982
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jan 2016 14:27
Last Modified: 20 Oct 2021 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137453
[thumbnail of Mutiara_115050100111185.pdf] Text
Mutiara_115050100111185.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item