Pengaruh Penggunaan Fermentasi Dedak Padi Dengan Cairan Rumen Dalam Pakan Terhadap Kuantitas Kimia Daging Ayam Pedaging

Sufi, Ichsan (2014) Pengaruh Penggunaan Fermentasi Dedak Padi Dengan Cairan Rumen Dalam Pakan Terhadap Kuantitas Kimia Daging Ayam Pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Mei Sampai Juli 2014 di Laboratorium Lapang Sumber Sekar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya di Kecamatan Dau Kabupaten Malang dan Laboratorium Biokimia Fakultas Biokimia UMM Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan fermentasi dedak padi dengan cairan rumen dalam pakan terhadap kualitas kimia daging ayam pedaging. Manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai bahan informasi untuk semua pihak dalam mengetahui pengaruh penggunaan fermentasi dedak padi dengan cairan rumen dalam pakan terhadap kuntitas kimia dagiang dada ayam pedaging. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam pedaging sebanyak 200 ekor yang tidak dibedakan jenis kelaminnya. Pakan yang digunakan berupa campuran dari jagung, konsentrat, dedak dan dedak padi fermentasi (DPF). DPF yang diberikan dibedakan dengan beberapa level penggantian untuk membedakan kandungan seratnya. Metode penelitian adalah metode dengan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan level DPF yang berbeda disetiap pakan perlakuan yakni, P0 (dedak 10 %); P1 (penggantian dedak 7,5 % dengan DPF 2,5 %); P2 (penggantian dedak 5 % dengan DPT 5 %); P3 (penggantian dedak 2,5 % dengan DPF 7,5); P4 (penggantian dedak dengan DPF 10 %). Variable yang diamati meliputi kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Data yang diperoleh dianlisis menggunakan analisis varian (ANOVA), apabila ada perbedaan pengaruh diantara perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing perlakuan dengan pemberian dedak padi fermentasi dengan cairan rumen pada pakan yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap kadar protein dan kadar lemak pada daging serta memberikan pengaruh yang sangat nyata (p<0,01) terhadap kadar air pada daging. Dari hasil uji Jarak Duncan’s ternyata bahwa pemberian dedak padi fermentasi dengan cairan rumen sebanyak 0 % dan 2,5 % tidak berbeda nyata, tetapi perlakuan tersebut berbeda nyata dengan pemberian dedak padi fermentasi dengan cairan rumen sebanyak 5% dan berbeda sangat nyata pada pemberian dedak padi fermentasi dengan cairan rumen sebanyak 7,5% dan 10% pada kuantitas kimia daging ayam pedaging. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh DPF dengan cairan rumen dalam pakan dapat meningkatkan kadar protein dalam daging serta dapat menurunkan kadar kadar air dan kadar lemak dalam daging ayam pedaging. Saran yang dapat dibeikan dalam penelitian ini yaitu perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai berapa level perbandingan penambahan cairan rumen dengan dedak padi yang paling baik.

English Abstract

The purpose of this study was to determine use of rice bran fermented with cow rumen fluid of feed production on chemical quantity of broiler breast meat. Benefit to be derived in this study is this study is for informasion to all concerned in knowing the effect of use of rice bran fermented with cow rumen fluid of feed production on chemical quantity of broiler breast meat. The material used in this study were adult broiler aged 5 weeks with as many as 20 head broiler. The method used is the method by experiments using a completely randomized design (CRD) factorial with 5 treatments and 4 replications. The treatments were in the from of using basal feed (P0); basal feed bran replacement of 7.5% with 2.5% DPF (P1); basal feed bran replacement of 5% with 5% DPF (P2); basal feed bran replacement of 2.5% with 7.5% DPF (P3); basal feed bran replacement with DPF 10%(P4). The variables observed were moisture content, protein content and fat content. Data were analyzed using analysic of variance (ANOVA), if there is a difference between the effect of the treatment was followed by Duncan’s Multiple Range Test. The result showed that each treatment by administering at different feed gives significant effect (P < 0,05) on water content and fat content in the meat as well as providing a significant influence (P < 0,01) The protein content on meat. It can be conclude that effect of use rice bran fermentation with rumen fluid in feed on quantity of chemical meat broiler in feed can increase the levels of protein in meat and can reduce levels of water and fat levels in breast meat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/14/051500458
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jan 2015 15:21
Last Modified: 20 Oct 2021 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137401
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item