Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di Rumah Potong Ayam (Rpa) Kelurahan Kampung Mandar, Kabupaten Banyuwangi

Galantino, Irvan (2015) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di Rumah Potong Ayam (Rpa) Kelurahan Kampung Mandar, Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RPA Kampung Mandar Adalah Suatu Unit Usaha Yang Beroperasi Sebagai Tempat Pemotongan Ayam Broiler Menjadi Produk Karkas Broiler Segar Untuk Memenuhi Kebutuhan Karkas Broiler Di Kabupaten Banyuwangi. RPA Kampung Mandar Terus Mengalami Perkembangan Seiring Dengan Kebutuhan Karkas Broiler Di Kabupaten Banyuwangi Yang Terus Meningkat. Pengumpulan Data Dilaksanakan Pada Tanggal 28 Januari Sampai 5 Februari 2015. Metode Penelitian Dilakukan Dengan Metode Survei Melalui Kuesioner Kepada 100 Responden Yang Merupakan Konsumen RPA Kampung Mandar Secara Acak (Accidental Sampling). Pengambilan Data Dilakukan Di RPA Kampung Mandar Yang Berlokasi Di Jalan Riau, Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Karakteristik Konsumen Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di RPA Kampung Mandar. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Faktor Dan Regresi Linier Berganda. Analisis Faktor Menunjukkan Bahwa Terdapat 3 Faktor Yang Mewakili 16 Sub Variabel Awal Yaitu “Jaminan Kualitas Fisik Dan Keterampilan Penjual”, “Respon Kepada Konsumen” Dan “Kelengkapan Alat”. Data Hasil Analisis Faktor Kemudian Dianalisis Dengan Regresi Berganda. Karakteristik Konsumen RPA Kampung Mandar Menunjukkan Bahwa Konsumen Didominasi Oleh 96% Konsumen Perempuan, Pada Cakupan Usia 41-50 Tahun Dan 51-60 Tahun Sebesar 31%. Sebagian Besar Konsumen RPA Kampung Mandar Memiliki Tingkat Pendidikan Hingga Lulus Jenjang SMA Sebesar 32% Dengan Pekerjaan Sebagai Pedagang Sebesar 86% Dan Berpenghasilan Antara Rp.900.001-1.800.000 Per Bulan Sebesar 45%. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Jaminan Kualitas Fisik Dan Keterampilan Penjual Menjadi Faktor Yang Sangat Menentukan Kepuasan Konsumen Yang Terdiri Dari 10 Sub Variabel Dan Memiliki Persentase Varian 46,543%. Jaminan Kualitas Fisik Dan Keterampilan Penjual, Respon Kepada Konsumen Dan Kelengkapan Alat Secara Positif Dan Signifikan Memberikan Kontribusi Sebesar 59,7% Terhadap Kepuasan Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di RPA Kampung Mandar. Kesimpulan Penelitian Adalah Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di RPA Kampung Mandar Memberikan Persepsi Rata-Rata Puas/Sesuai Harapan Terhadap Pelayanan Yang Telah Diberikan Setelah Membeli Karkas Broiler Dari RPA Kampung Mandar. Kepuasan Konsumen Pembeli Karkas Broiler Di RPA Kampung Mandar Dipengaruhi 3 Faktor Utama Yaitu Jaminan Kualitas Fisik Dan Keterampilan Penjual, Respon Kepada Konsumen Dan Kelengkapan Alat.

English Abstract

Research Was Conducted At The “Kampung Mandar” Broiler Slaughterhouses Located In Riau Street, Kampung Mandar Village, Banyuwangi District. The Research Aimed To Determine (I) The Characteristics Of Carcass Buyers, (Ii) The Level Of Satisfaction, (Iii) The Quality Of Services Provided And (Iv) Factors That Affect Carcass Buyers Satisfaction On Broiler Carcass Produced By Small Scale Chicken Slaughterhouse. One Hundred Respondents Were Selected By Accidental Sampling Method And Interviewed Using A Structured Questionnaire. Primary Data Were Obtained From The Field (From The Customers And Chicken Slaughterhouses Owners) And Secondary Data Were Obtained From Central Board Statistics, Online Media And Local Government Agencies (District Office). Data Were Analyzed Using Descriptive, Factor Analysis And Multiple Regression Analysis. The Study Showed That Female Traders Aged 41-60 Years With High School Education And Earned Income Between Rp. 900.001-1800.000 Per Month Represented Broiler Carcass Buyers. Another Findings Showed That Buyers Who Considered Purcashing Carcass Broiler Tended To Rebuy The Product And Transferred Information To Others. The Study Also Found That Service Quality Of Broiler Slaughterhouse Were Indicated By “Carcass Quality Assurance And Skill Sellers”, “Response To Carcass Buyers” And “Appropriate Equipments” And These Were Able To Increase Buyers Carcass Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/119/051503993
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2015 12:47
Last Modified: 20 Oct 2021 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137379
[thumbnail of Irvan_Galantino_115050101111063.pdf] Text
Irvan_Galantino_115050101111063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item