Pengaruh Lama Fermentasi Yang Berbeda Pada Pembuatan Tepung Telur Utuh Pan Drying Ditinjau Dari Kadar Lemak Dan Profil Protein

Aprilina, ParamitaDian (2014) Pengaruh Lama Fermentasi Yang Berbeda Pada Pembuatan Tepung Telur Utuh Pan Drying Ditinjau Dari Kadar Lemak Dan Profil Protein. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli – 30 Agustus 2013 di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak (THT) Fakultas Peternakan untuk pembuatan produk dan pengujian kadar lemak. Laboratorium Biosains Universitas Brawijaya Malang untuk pengujian profil protein dengan menggunakan SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate Polyacrilamide Gel Electrophoresis). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi yang berbeda pada pembuatan tepung telur utuh metode pan drying ditinjau dari kadar lemak dan profil protein serta untuk mengetahui perlakuan terbaik kualitas tepung telur utuh metode pan drying yang dihasilkan dengan lama fermentasi yang berbeda. Kegunaan dalam penelitian ini adalah sebagai bahan informasi penelitian lebih lanjut tentang pengaruh lama fermentasi yang berbeda pada pembuatan tepung telur utuh pan drying ditinjau dari kadar lemak dan profil protein. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah telur ayam segar dan baker yeast Saccharomyces cereviceae. Penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan untuk hasil uji dari kadar lemak sedangkan profil vi protein SDS-PAGE menggunakan metode deskriptif. Pengelompokan berdasarkan pada hari pembuatan yaitu hari I, II dan III. Variabel pengamatan, meliputi: kadar lemak dan profil protein. Perlakuan terdiri dari empat perlakuan dengan lama fermentasi yang berbeda yaitu P0 (kontrol), P1 (20 menit), P2 (40 menit) dan P3 (60 menit). Saccharomyces cereviceae yang ditambahkan sebesar 0,2% dari berat telur. Data hasil penelitian dianalisis dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan apabila terdapat perbedaan pengaruh diantara perlakuan, dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lama fermentasi yang berbeda pada pembuatan tepung telur utuh pan drying tidak memberikan pengaruh terhadap nilai kadar lemak tepung telur. Hasil kadar lemak untuk tepung telur utuh P0 (kontrol) 39,73%, P1 30,72%, P2 30,59% dan P3 29,43%. Kadar lemak tertinggi ada pada P0 dan kadar lemak terendah ada pada P3. Hasil deskriptif profil protein dengan metode elektroforesis SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate Polyacrilamide Gel Electrophoresis) memberikan pengaruh yang signifikan pada setiap perlakuan. Profil protein tepung telur berhasil terdeteksi dengan metode SDS-PAGE dengan berat molekul 44,6 kDa yaitu ovalbumin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh lama fermentasi yang berbeda pada pembuatan tepung telur utuh pan drying dapat menurunkan nilai kadar lemak dan meningkatkan profil protein. Profil protein pada tepung telur terdeteksi dengan baik. Tebal tipisnya pita protein yang muncul pada uji profil protein, tergantung pada jenis protein dan lama fermentasi.

English Abstract

The objective of this research was to determine the effect of fermentation time on the quality of whole egg powder pan drying method. The variable were fat content and protein profile. The experiment were designed with using chicken eggs fermented Saccharomyces cereviceae and incubated so dried using an oven. The treatment consisted of 4 treatments with different fermentation time were P0(unfermented), P1(fermentation time 20 minutes), P2 (fermentation time 40 minutes) and P3 (fermentation time 60 minutes). Data collected were analyzed by randomized block design, if there are significant differences between treatments, followed by the Least Significant Difference test fat content. The results showed that the effect of different fermentation in the manufacture of whole egg powder pan drying did not significant different effect (P>0,05) on fat content. Descriptions of the effect of different fermentation time on making the whole egg powder pan drying protein profiles used electrophoresis method SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate Polyacrilamide Gel Electrophoresis), was high significantly effect in each treatment. Protein profile was succesfully detected. Based on these resultsit can be suggested that the fermentation can be considered for use in pickling eggs like powder egg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/74/051403070
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Jun 2014 08:52
Last Modified: 20 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137335
[thumbnail of COVER_A5_Skripsi_(Paramita).pdf]
Preview
Text
COVER_A5_Skripsi_(Paramita).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dapus+lampiran_A5_Skripsi_(Paramita).pdf]
Preview
Text
Dapus+lampiran_A5_Skripsi_(Paramita).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of isi__skripsi_fix_A5_(Paramita).pdf]
Preview
Text
isi__skripsi_fix_A5_(Paramita).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Abstr+Ring+RIWayat+D,Isi_A5_(Paramita).pdf]
Preview
Text
Abstr+Ring+RIWayat+D,Isi_A5_(Paramita).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item