Pengaruh Penambahan Cacing Tanah (Lumbricuss Rubellus) Segar Dalam Pakan Terhadap Berat Telur, Haugh Unit (HU), Dan Ketebalan Cangkang Itik Mojosari

Sari, Desy TriIntan (2014) Pengaruh Penambahan Cacing Tanah (Lumbricuss Rubellus) Segar Dalam Pakan Terhadap Berat Telur, Haugh Unit (HU), Dan Ketebalan Cangkang Itik Mojosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di peternakan itik milik Bapak Aripin di Dsn. Rejoso RT 03, RW 10 Ds. Junrejo, Kec. Junrejo Kota Batu. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 April sampai 28 April 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi efek penambahan pakan cacing tanah segar dalam pakan terhadap penampilan berat telur itik,haugh unit (HU), dan cangkang telur itik. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan cacing tanah (Lumbricuss rubellus) segar dalam pakan. Cacing tanah (Lumbricus rubellus) adalah binatang lunak yang kaya protein dan salah satu bahan pakan alternatif. Cacing tanah mengandung protein yang tinggi, lemak, kalsium, fosfor, serat kasar, dan asam amino yang lengkap. Kandungan cacing tanah seperti protein sangat berpengaruh terhadap berat telur, dan cacing tanah sangat mempunyai potensi sangat besar untuk diaplikasikan pada pakan itik. vii Materi penilitian ini adalah itik Mojosari betina berumur 12 bulan yang digunakan sebanyak 144 ekor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan dengan menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL), perlakuan yang diberikan adalah penambahan cacing tanah (Lumbricus rubellus) segar dalam pakan kontrol (PO = penambahan 1 % cacing tanah segar; P1 = penambahan 3 % cacing tanah segar; P3 = penambahan 5 % cacing tanah segar). Data yang diambil adalah berat telur, haugh unit (HU), dan ketebalan cangkang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telur itik Mojosari memberikan perbedaan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap berat telur. Penambahan cacing tanah segar terhadap haugh unit dan ketebalan cangkang tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05). berat badan yang tertinggi diperoleh pada perlakuan P3 sebesar 66,83 ± 1,29 c, pada nilai haugh unit yang tertinggi diperoleh pada perlakuan P0 sebesar 105,65 ± 2,29 dan ketebalan cangkang yang tertinggi pada P3 sebesar 0,191 ± 0,032. Kesimpulan penelitian ini diperoleh perlakuan terbaik pada pemberian cacing tanah (Lumbricus rubellus) segar pada taraf 5%. Saran untuk penelitian ini adalah penggunaan cacing tanah sebesar 5% dalam pakan, dapat meningkatkan berat telur serta memperbaiki nilai haugh unit dan ketebalan cangkang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/259/051407735
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Nov 2014 08:44
Last Modified: 10 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137240
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER1.pdf]
Preview
Text
COVER1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item