Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler Segar Di Kota Malang (Studi Kasus Pasar Madyopuro)

Saraswati, YuniarAyu (2014) Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler Segar Di Kota Malang (Studi Kasus Pasar Madyopuro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Malang merupakan salah satu kota di Propinsi Jawa Timur yang mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat besar. Pemerintah melakukan berbagai program pengembangan untuk kemajuan Kota Malang. Pengembangan dilakukan dari berbagai sektor diantaranya peningkatan ketahanan pangan. Tujuan program peningkatan ketahanan pangan adalah meningkatkan ketersediaan komoditas pangan pokok dalam jumlah yang cukup dengan tingkat harga yang terjangkau oleh masyarakat sepanjang waktu melalui peningkatan produksi, produktivitas, kualitas dan pengembangan produk olahan pangan untuk menunjang kesehatan masyarakat dengan terpenuhinya makanan yang bergizi. Komoditas yang termasuk dalam peningkatan ketahanan pangan adalah komoditas pangan pokok baik nabati maupun hewani diantaranya daging ayam. Daging ayam merupakan salah satu sumber pangan hewani yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat dan dijadikan sebagai alternatif pengganti daging sapi, karena memiliki keistimewaan jika di banding dengan sumber pangan asal hewani lainnya. Komoditas ayam sangat disukai dan dicari untuk dikonsumsi oleh karena rasa daging yang enak, harganya terjangkau serta kesadaran masyarakat akan gizi yang seimbang. vi Keadaan tersebut menunjukkan bahwa peluang pasar dalam negeri untuk pengembangan industry peternakan cukup menjanjikan. Penelitian dilaksanakan pada Juni sampai Juli 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karasteristik responden dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian daging ayam pada masyarakat di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive methode. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrument berupa kuesioner denganr esponden yang akan dijadikan sampel melalui accidental sampling. Pengolahan data dari hasil penelitian menggunakan komputer program SPSS seri 16.00. Uji validitas menunjukkan bahwa tidak ada dari 17 item yang tidak valid, sedangkan untuk uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari hasil pengujian menunjukkan nilai 2 variabel yang lebih besar dari 0,50. Hasil dari analisis faktor terbentuk 3 faktor yaitu, “indeks perbandingan dengan produk kompetitor”, “indeks kualitas produk” dan “sistem pemasaran produk”. Hasil analisis regresi berganda dengan hasil bahwa “indeks perbandingan dengan produk kompetitor”, “indeks kualitas produk”, “sistem pemasaran produk”, jenis kelamin dan umur berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian daging ayam segar di pasar Madyopuro. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa Perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian daging ayam segar bahwa konsumen puas setelah membeli daging vii ayam segar dan konsumen melakukan pembelian ulang, daging ayam sesuai dengan harapan konsumen, rekomendasi positif dari konsumen lain dan tidak ada keluhan konsumen setelah membeli daging ayam segar . Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging ayam segar di pasar Madyopuro adalah “indeks perbandingan dengan produk kompetitor”, “indeks kualitas produk”, “sistem pemasaran produk”, jenis kelamin dan umur. Saran yang dapat diberikan adalah produsen diharapkan mampu memperbaiki atau meningkatkan kualitas tempat yang berpengaruh terhadap pembelian daging ayam oleh konsumen.

English Abstract

The study was conducted in Madyopuro market. This study was conducted to determine the factors that influence purchasing decisions in the purchase of chicken meat to the community in Malang. 100 consumers were selected using accidental sampling method. Data were collected from June to July 2013, the primary data obtained by the survey method by applying a structured questionnaire data collected while both of these market-related sources. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple regression. The results found that "the index comparison with competitor products", "index of product quality", "product marketing system", gender and age significantly influence the purchasing decisions of chicken meat in the market Madyopuro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/220/051406588
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2014 15:04
Last Modified: 20 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137200
[thumbnail of SKRIPSI_YUNIAR.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_YUNIAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item