Efisiensi Pemasaran Ayam Broiler Di Kabupaten Bojonegoro

Prayitno, AdySetyo (2014) Efisiensi Pemasaran Ayam Broiler Di Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan mulai 1 sampai dengan 31 Mei 2014 di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian adalah mengetahui lembaga pemasaran ayam broiler di Kecamatan Baureno, Kedungadem dan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro dan mengetahui tingkat efisiensi pemasaran di tinjau dari segi margin pemasaran, efisiensi pemasaran, share biaya pemasaran dan share keuntungan dari masing-masing lembaga pemasaran yang berperan dalam pemasaran ayam broiler. Penelitian dilaksanakan di peternakan rakyat yang memiliki pola mandiri dan lembaga pemasaran ayam broiler di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilakukan dengan metode survei penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling untuk peternak, untuk pedagang metode yang digunakan adalah snowball sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu margin pemasaran, efisiensi pemasaran, share keuntungan dan share biaya pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan saluran pemasaran yang terdapat di Kabupaten Bojonegoro ada tiga saluran pemasaran yaitu meliputi: 1. Produsen/Peternak →Pedagang Besar →Pedagang Menengah →Pedagang Kecil →Konsumen, 2. Produsen/Peternak →Pedagang Besar →Pedagang Menengah →Konsumen, 3. Produsen/Peternak →Pedagang Besar →Konsumen. Tingkat efisiensi pemasaran dilihat dari margin pemasaran yang diperoleh beragam dan tidak merata. Margin pemasaran yang terbentuk pada saluran I Rp. 3013 produsen ke pedagang besar ke pedagang menengah ke pedagang kecil ke konsumen; produsen ke pedagang besar ke pedagang menengah ke konsumen saluran pemasaran pola II Rp. 2.033 dan saluran pemasaran pola III Rp. 1033 peternak ke pedagang besar ke konsumen. Efisiensi pemasaran yang diterima peternak produsen/produsen pada masing-masing pola adalah sebesar 83,70% pada pola pemasaran I, pada pola pemasaran II sebesar 88,38%, dan pada pola pemasaran III sebesar 93,74%. Share biaya pemasaran masing-masing lembaga pemasaran adalah untuk saluran I. 28,07%, saluran II. 28,07 dan saluran III 28,07%, Share keuntungan masing-masing lembaga pemasaran adalah untuk saluran I 94,38%, saluran II 88,38% dan saluran III 94,93 %. Saluran pemasaran yang paling efisien menurut konsumen adalah saluran pemasaran III yaitu produsen ke pedagang besar ke konsumen dilihat dari margin pemasaran (Rp. 1.033). Disimpulkan bahwa ada tiga lembaga yang berperan dalam pemasaran ayam broiler di Kabupaten Bojonegoro yaitu pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang kecil. Pola 1. Produsen/Peternak →Pedagang Besar → Pedagang Menengah →Pedagang Kecil →Konsumen, pola 2. Produsen/Peternak →PedagangBesar →Pedagang Menengah →Konsumen, pola 3. Produsen/Peternak →Pedagang Besar →Konsumen. Pola pemasaran III merupakan pola pemasaran yang paling efisien ditinjau dari efisiensi pemasaran 93,74%, share keuntungan 63,61%, share biaya 32,02% dan margin pemasaran Rp. 1033 berdasarkan indikator kriteria efisien efisiensi pemasaran dikatakan efisien karena lebih dari 40%, margin pemasaran dikatakan efisien karena melibatkan satu lembaga pemasaran, berdasarkan share keuntungan dan share biaya dikatakan tidak efisien karena antara share keuntungan dan share biaya tidak merata. Saran peternak ayam broiler mandiri harus mengetahui informasi pasar mengenai harga ayam broiler, agar harga ayam broiler stabil sampai diterima konsumen akhir dan peternak harus membedakan harga penjualan antar pedagang agar dapat untung lebih.

English Abstract

This research was held in Bojonegoro Regency’s farm. The objectives of this research were to examine marketing pattern and investigate marketing efficiency, marketing margin, cost share and profit share of broiler chicken. Responden involved 30 broiler farmers and 40 intermediary traders. Marketing data were collected in this study; Data were analysed by descriptive method using marketing formulation namely, marketing margin, cost share, and profit share. Result discovered that three marketing patterns (MP) : MP I : farmers →wholesalers → jobbers →retailers → consumers; MP II : farmers → wholesalers → jobbers → consumers; MP III : farmers → wholesalers → consumers. Marketing patterns III indicated the most efficient in marketing broiler chicken based on Rp 1,033,˗ of marketing margin, 32.02% of cost share, 63.61% of profit share, and 93.74% of marketing efficiency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/213/051406354
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2014 10:03
Last Modified: 20 Oct 2021 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137192
[thumbnail of 03._RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
03._RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 06._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
06._Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 07._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
07._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 08._BAB_I.pdf]
Preview
Text
08._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05._Abstrack.pdf]
Preview
Text
05._Abstrack.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09._BAB_II.pdf]
Preview
Text
09._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_III.pdf]
Preview
Text
10._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
11._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_V.pdf]
Preview
Text
12._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
14._LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01._Cover.pdf]
Preview
Text
01._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02._Cover_II.pdf]
Preview
Text
02._Cover_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item