Analisis Ekonomi Usaha Penggemukan Ternak Babi (Studi Kasus Di Peternakan Babi Milik Bapak Jefri Di Desa Pattalasang Kecamatan Pacalekang Kabupaten Gowa

Muttaqin, IvonieLatifa (2014) Analisis Ekonomi Usaha Penggemukan Ternak Babi (Studi Kasus Di Peternakan Babi Milik Bapak Jefri Di Desa Pattalasang Kecamatan Pacalekang Kabupaten Gowa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 September 2013 sampai 30 September 2013 di peternakan babi milik Bapak Jefri yang berada di Desa Pattalasang, Kecamatan Pacalekang, Kabupaten Gowa. Penetapan lokasi dilakukan dengan purposive sampling karena memiliki populasi ternak terbesar di kabupaten Gowa yakni mencapai 5000 ekor babi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efisiensi usaha ternak babi di peternakan milik Bapak Jefri Wijaya ditinjau biaya produksi, penerimaan dan keuntungan serta untuk melakukan analisis ekonomi usaha ternak babi ditinjau analisis ekonomi (revenue cost ratio, break event point, margin of safety). Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai informasi tentang analisis usaha penggemukan ternak babi. Materi penelitian adalah peternakan penggemukan babi milik Bapak Jefri Wijaya di Desa Pattalasang, Kecamatan Pacalekang, Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus (case study). Data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan pengamatan secara langsung yang meliputi : jumlah ternak, biaya operasional peternakan, hasil produksi ternak dan penerimaan. Sedangkan data sekunder adalah data yang dikumpulkan secara tidak langsung dari data topografi lokasi peternakan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu dengan menggunakan tabel-tabel dari angka-angka yang tersedia, kemudian melakukan uraian dengan menggunakan rumus-rumus ekonomi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian adalah usaha peternakan babi milik Bapak Jefri Wijaya memiliki rata-rata biaya produksi babi perekor Rp. 2.352.575 dengan rata-rata penerimaan perekor Rp. 2.585.737 sehingga keuntungan rata-rata yang diperoleh Rp. 233.162,-. Usaha penggemukan ternak babi ini mempunyai layak untuk dikembangkan dan cukup efisien dilihat dari nilai R/C ratio rata-rata pada bulan Januari hingga September 2013 sebesar 1.99. Break event point harga Rp 22.322,- sedangkan break event point produk 23.8679 kg. Hasil perhitungan Margin of Safety (MoS) sebesar 11,07%. Kesimpulan yang dapat diambil melihat analisis yang diteliti penulis adalah usaha peternakan ternak babi milik Bapak Jefri Wijaya layak untuk dikembangkan dilihat dari nilai BEP yang lebih rendah dibandingkan harga jual, produksi daging yang lebih tinggi dari nilai BEP produk serta R/C ratio diatas angka 1. Saran yang dapat diberikan adalah peternak hendaknya mencari lokasi pemasaran atau pengepul babi supaya mampu memperoleh keuntungan yang lebih tinggi sehingga tidak sampai terjadi over populasi yang dapat mengakibatkan pembengkakan biaya produksi terutama biaya pakan.

English Abstract

The research was started at 1st September until 30st September 2013 at swine fattening farm Pattalasang Village Pacalekang sub district Gowa District, South Sulawesi. Jefri Wijaya as the owner who has 5.000 swines. The objective of this research were analysis about profitability, break event point (BEP), R/C ratio, and Margin Of Safety (MOS). The purpose of this research was to find bussinness feasible of this farm. The materials used for this research were 5.000 swines on Jefri Wijaya Farm. The method of this research using case study. Data was collected by using descriptive analysis and economic analysis. The result shows of this research were total cost for swine Rp. 2.352.575 and had profit Rp. 233.162,-. R/C ratio for January until September was 1,99. BEP range of price was Rp. 22.232,-. Break Event Point range of product was 238.679 kg or 336 swines. The conclusion of this research that the bussinness of this farm was feasible and have profitability. That was looked from total cost, profit, R/C ratio, break event point (BEP), Margin of Safety (MOS).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/21/051401064
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Feb 2014 13:39
Last Modified: 20 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137188
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item