Keberhasilan Ib Menggunakan Semen Beku Hasil Sexing Dengan Metode Sedimentasi Putih Telur Pada Sapi Po Cross

Rosita, ErlyAnna (2014) Keberhasilan Ib Menggunakan Semen Beku Hasil Sexing Dengan Metode Sedimentasi Putih Telur Pada Sapi Po Cross. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di 3 desa yakni Desa Borobunut, Borokemantren, dan Gunung Jati, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang dimulai pada bulan Mei-Juli 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan IB menggunakan semen beku hasil sexing dengan metode sedimentasi putih telur yang ditinjau dari parameter yang terdiri dari Non Return Rate, Service per Conception, Conception Rate. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi PO Cross betina yang siap kawin. Sapi yang digunakan dikategorikan menjadi 27 ekor diinseminasi menggunakan semen tanpa sexing dan 27 ekor diinseminasi menggunakan semen sexing dengan metode sedimentasi putih telur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan (experimental method). Variabel yang diukur adalah Non Return Rate (NRR), Service per Conception (S/C) dan Conception Rate (CR). Pengamatan NRR dilakukan pada hari ke-21, 42, dan 63. Sedangkan pengamatan CR dapat dilakukan pada bulan ke-3 dengan syarat sapi tidak menampakan birahi kembali. Data dianalisis menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas birahi adalah langkah pertama inseminator untuk melakukan IB. IB dapat dilakukan jika menampakkan birahi (+++) atau (++). Parameter keberhasilan IB yang pertama adalah persentase NRR sebesar 74% pada hari ke-21, 74% pada hari ke-42 dan 74% pada hari ke-63 untuk perlakuan semen beku tanpa sexing (P0). Sedangkan untuk perlakuan semen beku sexing menggunakan sedimentasi putih telur (P1) menunjukkan hasil 70% pada hari ke-21, 66% pada hari ke-42 dan 59% pada hari ke-63. Nilai S/C yang diperoleh pada penelitian ini adalah 1,37 untuk P0 dan 1,48 untuk P1. Semen beku kontrol memberikan hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan semen beku sexing. Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada saat prosesing semen sexing. Persentase CR pada P0 diketahui sebesar 74% dan P1 sebesar 59%. Nilai ini dilihat dari NRR, bila akseptor tidak menampakkan birahi sampai dengan NRR ke-3 maka diasumsikan akseptor tersebut bunting. Nilai CR tidak sepenuhnya akurat karena keakuratan nilai CR hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan kebuntingan (PKB) dengan cara palpasi rektal. Kesimpulan penelitian adalah nilai S/C dan CR untuk semua perlakuan masih memenuhi standart keberhasilan IB, walaupun demikian semakin rendah penampakan birahi (+) dan rendahnya nilai NRR dapat memberikan implikasi rendahnya keberhasilan IB. Saran untuk penelitian ini, seharusnya diperlukan ketelitian dalam memproduksi semen beku agar filling dan sealing pada straw tidak terdapat kerusakan sehingga kualitas semen pada saat Post Thawing Motility (PTM) dilapang lebih baik.

English Abstract

The study was conducted in subdistrict Pakis, Malang Regency from May to July 2013. The study materials were 54 Ongole crossbred cattle. Twenty seven cattle were inseminated using non sexed semen (P0) and 27 cattle were inseminated using sexed semen (P1). Samples were selected randomly using criterion that semen deposition in position 4+. Gestation evaluation was calculated based on non return rate (NRR), service per conception (S/C) and conception rate (CR). The study showed that P0 had 74% of NRR and P1 had 59% of NRR. S/C was found 1,37 at P0 and 1,48 at P1. CR was found 74% at P0 and 59% at P1. The study concluded that non sexed semen increased better gestation for Ongole crossbred cattle than sexed semen The study suggested that sexed semen remain able to be inseminated to those cattle with high attention on the sexing procedures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/192/051405866
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2014 14:21
Last Modified: 20 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137169
[thumbnail of A5.pdf]
Preview
Text
A5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item