Penambahan Carboxymethyl Cellulose (Cmc) Pada Minuman Madu Ditinjau Dari Rasa, Aroma, Warna, Ph, Viskositas Dan Kekeruhan Sesuai Selera Konsumen

Elarini, Dwi (2014) Penambahan Carboxymethyl Cellulose (Cmc) Pada Minuman Madu Ditinjau Dari Rasa, Aroma, Warna, Ph, Viskositas Dan Kekeruhan Sesuai Selera Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minuman madu adalah produk difersifikasi madu yang dibuat menjadi minuman. Permasalahan yang timbul pada pembuatan minuman madu ini adalah adanya endapan yang disebabkan pencampuran antara komponen madu dan air tidak dapat homogen, sehingga diperlukan penambahan bahan penstabil yang dapat mengurangi endapan dari minuman madu. Bahan penstabil yang digunakan pada pembuatan minuman madu adalah CMC. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai April 2014 di CV. Kembang Joyo Karangploso (pembuatan produk dan analisa pH), Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian (analisa warna dan viskositas), dan Laboratorium Kimia (analisa kekeruhan). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penambahan CMC dengan konsentrasi yang diterima konsumen pada pembuatan minuman madu ditinjau dari rasa, aroma, warna, pH, viskositas dan kekeruhan. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai sumber informasi dalam penggunaan CMC pada pembuatan minuman madu dan sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian bagi pihak yang terkait dalam penelitian ini. Materi penelitian adalah madu yang dibuat menjadi minuman. Metode penelitian adalah percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian yaitu P0 (tanpa penambahan CMC), P1 (0,05 %), P2 (0,1 %), P3 (0,15 %). Variabel yang diukur meliputi rasa, aroma, warna, pH, viskositas dan kekeruhan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji Duncan (JND). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang sangat nyata terhadap kecerahan warna (L*), pH dan kekeruhan, serta tidak menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap viskositas, rasa, aroma, intensitas kemerahan (a*), intensitas kekuningan (b*) dan viskositas. Penambahan CMC yang sesuai selera konsumen adalah pada P1 yaitu pada konsentrasi 0,05 % dengan nilai rata-rata rasa 6,98 (menyukai), aroma 6,93 (menyukai), kecerahan warna (L*) 21,50, intensitas kemerahan (a*) 9,68, intensitas kekuningan (b*), pH 6,60, viskositas 1,014 cPs dan kekeruhan 51,5 NTU. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan CMC pada minuman madu dapat meningkatkan kecerahan warna (L*), pH dan kekeruhan. Penambahan CMC yang paling disukai adalah konsentrasi 0,05 %. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya menggunakan CMC dengan konsentrasi 0,05 % agar diperoleh minuman madu yang diterima konsumen.

English Abstract

Honey drink was modified product from fresh honey, but there were deposition on honey drink. Addition of CMC expect to prevent of deposition. The objective of this study was to study the best consentration of CMC addition in tern of organoleptic, pH, viscosity, and turbidity of honey drink. Experimental design used was completely randomized design (CRD) with four treatments and four replications. The treatments were the CMC addition P0 (no addition of CMC), P1 (CMC 0,05 %), P2 (CMC 0,1 %), and P3 (CMC 0,15 %). The result showed that CMC addition significantly on lightness (L*), pH and turbidity. The addition of CMC did not give significantly different effect on taste, aroma, redness intensity (a*), yellowness intensity (b*) and viscosity. The conclusion of this study of CMC addition of the hedonic test is concentration 0,05 %. Based on these results, suggestions are given is better to use of CMC addition the concentration 0,05 % by the value taste 6,98, aroma 6,93, lightness (L*) 21,50, redness (a*) 9,68, yelowness (b*) 6,85, pH 6,60, viskosity 1,014 cP and turbidity 51,5 NTU of honey drink to received by consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/157/051405081
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2014 08:01
Last Modified: 20 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137130
[thumbnail of Dwi_Elarini_NIM._105050113111061.pdf]
Preview
Text
Dwi_Elarini_NIM._105050113111061.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item