Dermawan, SaktiPratama (2014) “Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Pada Restoran Siap Saji Quick Chicken di Surabaya”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Suatu produk akan disenangi konsumen apabila produk tersebut mempunyai posisi yang berbeda dari produk lainnya di benak konsumen. Menurut Craven (dalam Supranto dan Limakrisna, 2011:208) bahwa positioning memegang peran yang sangat besar dalam strategi pemasaran, setelah melakukan analisis pasar dan analisis pesaing dalam suatu analisis internal perusahaan (total situation analysis). Alasannya dunia sekarang ini dilanda over komunikasi, terjadi ledakan barang, media, maupun iklan. Akibatnya pikiran para prospek menjadi ajang pertempuran. Oleh karena itu, agar dapat berhasil dalam suatu masyarakat yang over komunikasi, perusahaan apapun sebaiknya mampu menciptakan suatu posisi yang mempertimbangkan tidak hanya kekuatan dan kelemahan perusahaan sendiri, tetapi juga kekuatan dan kelemahan pesaingnya dalam pikiran prospeknya. Itulah sebabnya, ancangan dasar positioning tidak lagi sekadar menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang lain, tetapi memanfaatkan dengan cerdik apa yang ada di dalam pikiran dan mengkaitkan hubungan-hubungan yang telah ada, hal ini karena pikiran manusia juga memiliki tempat bagi setiap keping informasi yang telah dipilih untuk disimpan. Sementara itu, pikiran konsumen sering dianologikan sebagai benteng terakhir pertahanan melawan riuhnya komunikasi, sebagai tempat menyaring, menerima atau menolak informasi yang ditawarkannya. Apabila pikiran konsumen telah terbentuk, biasanya produsen lain mengalami kesulitan untuk merubahnya, apalagi pesaingnya tidak tinggal diam melakukan reposisi. Sehingga peranan positioning merupakan sistem yang terorganisir dalam upaya menemukan suatu hal yang tepat, pada waktu yang tepat di dalam pikiran seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui strategi positioning yang diterapkan di restoran siap saji Quick Chicken, strategi positioning terhadap minat pembelian pada produk dan strategi positioning terhadap keputusan pembelian produk Quick Chicken di Surabaya. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu lokasi yang dipilih berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik penentuan pengambilan sampel secara sengaja / kebetulan kepada konsumen yang membeli produk di restoran siap saji Quick Chicken. Analisis yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah analisis path. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel bebas yaitu hasil analisis faktor diantaranya adalah ““persepsi konsumen terhadap kategori produk”, “Indeks Atribut Produk”, “Indeks Manfaat” dan “Indeks Produk pesaing” berpengaruh terhadap minat pembelian (Y) sebesar 45%, sedangkan sisanya 55% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. “Persepsi Konsumen Terhadap Kategori Produk” dan “Indeks Atribut Produk” berpengaruh secara langsung dan positif terhadap minat pembelian produk Quick Chicken cabang Surabaya. “Persepsi Konsumen Terhadap Kategori Produk”, “Indeks Atribut Produk” dan Minat Pembelian berpengaruh secara langsung dan positif terhadap keputusan pembelian pembelian produk Quick Chicken cabang Surabaya, “Persepsi Konsumen Terhadap Kategori Produk” dan “Indeks Atribut Produk” berpengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian. Karakteristik responden yang datang ke restoran siap saji Quick Chicken mayoritas adalah perempuan dengan usia 20- 30 tahun, pekerjaan mayoritas mahasiswa dengan pendpatan Rp 500.000 – Rp 1.000.000. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah Sebaiknya jenis produk Quick Chicken ditambah atau lebih bervariasi, agar pelanggan lebih bisa leluasa dalam memilih produk Quick Chicken, karena Kategori dan Atribut Produk dalam penelitian ini berpengaruh terhadap Minat Pembelian dan Keputusan Pembelian Konsumen produk Quick Chicken cabang Surabaya.
English Abstract
Research was conducted in “Quick Chicken” restaurant at Surabaya. The study was carried out to (i) describe consumer purchasing decision at “Quick Chicken” restaurant (ii) investigate positioning strategy in this restaurant and (iii) exame the relationship between strategy positioning and buying decision at “Quick Chicken” restaurant. 100 consumer were selected using accidental sampling method. Data were collected from 4th March to 4th April 2014. Primary data were obtained by survey methode with applicate a structured questionaire whereas secondly data were gathered from this restaurant was related sources. Data were analysed using descriptive and path analysis. Results found that fiostly purchasing decision towards “Quick Chicken” was represented by the positive recommended, commitment in repurchasing, in recommended buying, and the intensity in purchasing this food. Secondly the competency strategy positioning of this store involved the motto of “consumer is our lawyer” and the use of “green plastic” in wrapping this food. Thirdly strategy positioning, include “cunsumer toward product category”, “atribut product index” and purchasing in intervening was a positive influence on purchasing decision toward “Quick Chicken” restaurant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2014/156/051405080 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Aug 2014 07:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137129 |
Text
@_Skripsi_Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |