Pengaruh Penambahan Sari Wortel ( Daucus Carota, L ) Terhadap Es Krim Yogurt Ditinjau Dari Total Bakteri Asam Laktat, Total Asam Tertitrasi, Dan Kadar Protein

Choiri, Aryani Salik (2014) Pengaruh Penambahan Sari Wortel ( Daucus Carota, L ) Terhadap Es Krim Yogurt Ditinjau Dari Total Bakteri Asam Laktat, Total Asam Tertitrasi, Dan Kadar Protein. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sari Wortel mengandung β-karoten dan gula yang berperan sebagai pewarna alami dan cryoprotectant. Penambahan sari wortel diharapkan dapat meningkatkan kualitas es krim yogurt. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan sari wortel dengan konsentrasi yang berbeda terhadap es krim yogurt ditinjau dari total BAL, total asam tertitrasi, dan kadar protein. Selain itu juga untuk mengetahui penambahan konsentrasi sari wortel yang tepat terhadap kualitas es krim yogurt ditinjau dari dari total BAL, total asam tertitrasi, dan kadar protein. Materi penelitian adalah es krim yogurt yang terbuat dari bahan-bahan seperti yogurt plain, susu krim, emulsifier, gula, dan sari wortel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 4 ulangan. Perlakuan yang dicobakan dalam penelitian yaitu tanpa penambahan sari wortel (P0); 5 % v/v (P1); 10 % v/v (P2); 15 % v/v (P3); 20 % v/v (P4). Variabel yang diamati meliputi total BAL, total asam tertitrasi, dan kadar protein. Data yang diperoleh dari keempat pengujian tersebut diolah dengan bantuan program Microsoft Excel. Analisis statistik menggunakan analisis ragam (ANOVA). Apabila terdapat perbedaan, dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari wortel memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap total BAL. Hasil tersebut diduga karena penambahan sari wortel dengan konsentrasi berbeda memberikan pengaruh terhadap total BAL karena tersedianya nutrisi yang cukup dalam medianya untuk tumbuh, selain itu karena adanya peningkatan kadar air dan laktosa oleh sari wortel. Hasil rataan dari nilai total BAL berkisar antara 4 x 107 CFU/mL hingga 1,73 x 108 CFU/mL. Penambahan sari wortel juga memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap total asam tertitrasi. Hal ini disebabkan besarnya kandungan asam laktat yang ada di dalam es krim, dimana keasaman es krim dinyatakan sebagai asam laktat yang merupakan hasil fermentasi bakteri asam laktat. Hasil rataan dari total asam tertitrasi berkisar antara 0,358 % hingga 0,418 %. Penambahan sari wortel juga memberikan perbedaan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar protein. Hasil ini diduga karena peningkatan total BAL, dimana BAL termasuk senyawa protein yang juga dapat memproduksi bakteriosin. Hasil rataan dari kadar protein berkisar antara 1,940% hingga 3,280%. Kesimpulan hasil penelitian adalah penambahan sari wortel dengan konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh terhadap total BAL, total asam tertitrasi dan kadar protein. Penambahan sari wortel yang paling tepat pada pengolahan es krim yogurt adalah 20 % dengan total BAL sebesar 1,73 x 108 CFU/mL, total asam tertitrasi 0,418 % dan kadar protein 3,280 %. Berdasarkan hal tersebut disarankan untuk menambahkan sari wortel dengan konsentrasi 20 % untuk menghasilkan es krim yogurt yang terbaik.

English Abstract

Carrots juice are contain β-carotene and sugar acts as a natural coloring agent and cryoprotectant. The purpose of this research were to determine the best concentration of carrot juice in yogurt ice cream in terms of total of lactic acid bacteria (LAB), total of titrable acidity and protein content. Concentration of treatments were control, 5 % v/v, 10 % v/v, 15 % v/v, and 20 % v/v. The method of this research was experiment with Completely Randomized Design (CRD), 5 treatments and 4 times replication; if there were significantly effect, it would be continued by Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Result of this research showed that concentration of carrot juice gave significantly difference effect (P<0,01) on total of lactic acid bacteria (LAB), total of titrated acid and protein content. Conclusion of this research was the adding of carrot juice 20 % in yogurt ice cream gave the best result with score of total of lactic acid bacteria (LAB) was 1,73 x 108 CFU/mL, total of titrated acid was 0.418 % and protein content was 3.280 % and gave the best quality of yogurt ice cream.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/154/051404883
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Aug 2014 09:01
Last Modified: 27 Dec 2021 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137127
[thumbnail of 9._BAB_I.doc] Text
9._BAB_I.doc

Download (89kB)
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR.docx] Text
2._KATA_PENGANTAR.docx

Download (18kB)
[thumbnail of 4._RINGKASAN.docx] Text
4._RINGKASAN.docx

Download (19kB)
[thumbnail of 5._DAFTAR_ISI.docx] Text
5._DAFTAR_ISI.docx

Download (18kB)
[thumbnail of 3._abstract.docx] Text
3._abstract.docx

Download (18kB)
[thumbnail of 10._BAB_III.doc] Text
10._BAB_III.doc

Download (138kB)
[thumbnail of 9._BAB_II.docx] Text
9._BAB_II.docx

Download (29kB)
[thumbnail of 12._BAB_V.docx] Text
12._BAB_V.docx

Download (16kB)
[thumbnail of 13._Daftar_pustaka.docx] Text
13._Daftar_pustaka.docx

Download (29kB)
[thumbnail of 11._BAB_IV.doc] Text
11._BAB_IV.doc

Download (107kB)
[thumbnail of cover.doc] Text
cover.doc

Download (109kB)
[thumbnail of daftarisibaru.doc] Text
daftarisibaru.doc

Download (78kB)

Actions (login required)

View Item View Item