Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Telur Asin “Chozin” Dan “Rahayu” Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan

Darwanti, Fitri (2013) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Telur Asin “Chozin” Dan “Rahayu” Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur asin adalah salah satu olahan telur yang sudah dikenal dan yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu tempat produksi telur asin yang ada di Babat adalah di warung Chozin dan di warung Rahayu. Warung Chozin yang terletak di Jl. Liposos RT.004/RW.013 Babat dan di warung Rahayu yang teletak di Jl. Raya Simpang Tiga nomor 100 Babat-Lamongan. Lokasi yang strategis juga menguntungkan karena dekat dengan area pasar, jalan raya dan tempatnya mudah untuk diakses oleh konsumen, sehingga penelitian ini diutamakan pada”Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Telur Asin Chozin Dan Rahayu Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan”. Pengambilan data dilakukan di warung Chozin yang terletak di Jl. Liposos RT.004/RW.013 Babat dan di warung Rahayu yang teletak di Jl. Raya Simpang Tiga nomor 100 Babat mulai 21 Januari sampai 21 Februari 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengambilan keputusan konsumen dalam membeli telur asin Chozin dan Rahayu dan mengatahui pengaruh bauran pemasaran, lingkungan eksternal dan faktor-faktor lainnya terhadap keputusan konsumen dalam membeli telur asin Chozin dan Rahayu di Babat. Metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif yang didukung dengan survey serta pengambilan data menggunakan kuisoner yang telah dibuat. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, merupakan penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Karakteristik konsumen telur asin “Chozin” dan “Rahayu” dalam membeli produk yang paling dominan dilihat dari usia konsumen > 40 tahun (56% dan 62%), jenis kelamin kelamin adalah perempuan (62% dan 56% ), tingkat pendidikan adalah SMA (46% dan 52% ), pekerjaan sebagai wiraswasta (42% dan 40%), penghasilan > Rp 2.000.000.00 (42% dan 48%) dengan frekuensi membeli sebanyak 3-5 kali per bulan (46% dan 42%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengambilan keputusan dalam membeli telur asin di Chozin diawali adanya kepuasan dari pembeli sebelumnya (Y2), kebutuhan (Y1) dan keinginan (Y3). Sedangkan pengambilan keputusan dalam membeli telur asin di Rahayu ditunjukkan oleh adanya keinginan konsumen(Y3), kebutuhan (Y1) dan adanya kepuasan pembeli sebelumnya (Y3). Hasil analisis faktor pada warung Chozin menunjukkan bahwa faktor “produk telur asin”, “media promosi telur asin”, “tempat penjulan telur asin” dan “kelayakan harga telur asin” berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil analisis faktor pada warung Rahayu menunjukkan bahwa faktor, “produk telur asin” “kelayakan harga telur asin”, “tempat penjulan telur asin” dan “media promosi telur asin” berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Hasil dari analisis regresi berganda di warung Chozin menunjukkan bahwa “media promosi telur asin” dan “tempat penjulan telur asin” memberikan pengaruh yang signifikan sedangkan pekerjaan konsumen memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari pengujian analisis regresi berganda di warung Rahayu menunjukkan bahwa “kelayakan harga telur asin” dan “tempat penjulan telur asin” memberikan pengaruh yang sangat signifikan, sedangkan harga barang substitusi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengambilan keputusan pembelian dalam membeli telur asin di Chozin diawali oleh konsumen yang merasa adanya kepuasan dari pembeli sebelumnya, kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen. Sedangkan pengambilan keputusan di Rahayu ditunjukkan oleh keinginan konsumen, kebutuhan konsumen dan didasari oleh kepuasan dari pembeli sebelumnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli telur asin di Chozin adalah “media promosi telur asin”, “tempat penjulan telur asin” dan pekerjaan konsumen. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli telur asin di Rahayu adalah “kelayakan harga telur asin”, “tempat penjulan telur asin” dan harga barang substitusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/112/051404180
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Aug 2014 10:52
Last Modified: 10 Nov 2021 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137081
[thumbnail of 6._DAFTAR_ISI.pdf] Text
6._DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 7._DAFTAR_TABEL.pdf] Text
7._DAFTAR_TABEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 11._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf] Text
11._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8._DAFTAR_GAMBAR,_GRAFIK,_LAMPIRAN.pdf] Text
8._DAFTAR_GAMBAR,_GRAFIK,_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 12._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf] Text
12._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 13._BAB_III_MATERI_DAN_METODE.pdf] Text
13._BAB_III_MATERI_DAN_METODE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 14._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_FIX.pdf] Text
14._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN_FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 16._DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
16._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 15._BAB_V._KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf] Text
15._BAB_V._KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 1._COVER.pdf] Text
1._COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 17._LAMPIRAN_1-9.pdf] Text
17._LAMPIRAN_1-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 3._KATA_PENGANTAR.pdf] Text
3._KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 4._ABSTRACT.pdf] Text
4._ABSTRACT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5._RINGKASAN.pdf] Text
5._RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item