Evaluasi Sifat Putih Telur Ayam Pasteurisasi Ditinjau Dari Ph, Kadar Air, Sifat Emulsi Dan Daya Kembang Angel Cake

Agustina, Nia (2013) Evaluasi Sifat Putih Telur Ayam Pasteurisasi Ditinjau Dari Ph, Kadar Air, Sifat Emulsi Dan Daya Kembang Angel Cake. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya dan dirumah di Jl. Ikan Duyung No. 2 Malang. Pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 18 Maret sampai 18 April 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pasteurisasi putih telur ayam dan lama simpan terhadap nilai pH, kadar air, sifat emulsi dan daya kembang angel cake serta untuk mengetahui perlakuan terbaik pada pasteurisasi putih telur ayam dan lama simpan terhadap nilai pH, kadar air, sifat emulsi dan daya kembang angel cake . Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada mahasiswa tentang putih telur ayam yang dipasteurisasi dan lama simpan ditinjau dari pH, kadar air, sifat emulsi dan daya kembang angel cake . Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah telur ayam konsumsi sebanyak 150 butir yang dibeli di peternakan Bapak Tasir Sugianto, Jl. Tamanudiharjo 11 RT 12 RW 04 Bunder, Ampeldento, Karangploso Malang. Bahan-bahan lain yang digunakan untuk pembuatan angel cake adalah tepung terigu, gula pasir, dan vanili, garam, cream of tartar . Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi mixer, oven, loyang, spatula, kuas, pH meter, cawan, timbangan analitik, oven (100-105 o C), eksikator, penjepit cawan, penggaris, wadah, lidi panjang, tabung testube 5 ml, sentrifuse 12.000 rpm, dan stopwatch. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan laboraturium faktorial (2x3) dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada telur adalah telur tanpa pasteurisasi (P 0 ) dan telur pasteurisasi (P 1 ) dengan lama penyimpanan telur 0 hari (T 0 ), 7 hari (T 1 ), 14 hari (T 2 ), dan 21 hari (T 3 ). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi telur pasteurisasi dan lama simpan telur memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap pH dan sifat emulsi, dan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar air dan daya kembang angel cake . Perlakuan pasteurisasi memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap pH putih telur. Perlakuan lama simpan yang berbeda memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap pH, kadar air, sifat emulsi dan daya kembang angel cake . Kesimpulan penelitian ini adalah waktu penyimpanan pada telur mempengaruhi nilai pH menjadi meningkat (basa), sifat emulsi pada putih telur menurun dan daya kembang angel cake menurun. Interaksi antara pasteurisasi dan waktu penyimpanan kadar air putih telur tidak mengalami penurunan maupun peningkatan. Perlakuan terbaik didapatkan pada T

English Abstract

The purpose of this research was to determine effect of pasteurized egg and storage time on pH, water content, characteristics of emulsion, volume of angel cake and determine the best treatment. Method was used pasteurzation research was a experiment factorial Randomized Block Design (RBD) with 2x3 treatment and 3 replication. The data was analized by using analysis of variance continued by Honestly Significant Difference (HSD). The results showed that the interaction pasteurization and storage time was a very significant effect (P<0.01) on pH, water content, characteristics of emulsion and volume of angel cake . The conclusion of this research the effect storage time increase on pH, decrease characteristics of emulsion and volume of angel cake . Interaction pasteurization and storage time has not effect on water content. The best treatment is not pasteurization and storage time. The suggestion be can given should to use fresh eggs, as well as further research needs to be done to test the others like texture and organoleptic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/93/051307365
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2013 08:57
Last Modified: 19 Oct 2021 13:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137059
[thumbnail of SKRIPSI_NIA_AGUSTINA_(0910550219).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NIA_AGUSTINA_(0910550219).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item