Penambahan Sari Tape Ketan Hitam Pada Susu Kambing Dan Lama Pemeraman Terhadap Total Khamir, Keasaman Dan Total Gula

Ningsih, RatnasariMukti (2013) Penambahan Sari Tape Ketan Hitam Pada Susu Kambing Dan Lama Pemeraman Terhadap Total Khamir, Keasaman Dan Total Gula. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Fisiko-Kimia dan Laboratorium Mikrobiologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang, pada bulan Juni sampai dengan Oktober 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan berbagai tingkat konsentrasi sari tape ketan hitam pada susu kambing dan lama pemeraman yang berbeda terhadap karakteristik mutu produk susu fermentasi yang dihasilkan ditinjau dari total khamir, keasaman dan total gula. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu kambing dan sari tape ketan hitam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor dan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi sari tape ketan hitam, yaitu 5 % (P1), 15 % (P2), 25 % (P3) dan 35 % (P4), sedangkan faktor kedua adalah lama pemeraman, yaitu 0 jam (T1), 8 jam (T2), 16 jam (T3) dan 24 jam (T4). Parameter yang diamati adalah total khamir, keasaman (pH dan total asam tertitrasi), serta total gula. Data dianalisis dengan analisa ragam dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi sari tape ketan hitam dan lama pemeraman memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap total khamir dan total gula susu fermentasi, sedangkan terhadap keasaman susu fermentasi yang meliputi pH dan total asam tertitrasi memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05). Total khamir dan total asam tertitrasi mengalami peningkatan dengan bertambahnya tingkat konsentrasi sari tape ketan hitam dan lama pemeraman, sedangkan nilai pH mengalami penurunan. Total gula meningkat dengan bertambahnya tingkat konsentrasi sari tape ketan hitam, namun mengalami penurunan selama pemeraman. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan berbagai tingkat konsentrasi sari tape ketan hitam dan lama pemeraman yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap total khamir, keasaman dan total gula susu fermentasi. Total khamir yang diperoleh berkisar antara 6,174 – 8,141 log CFU/ml; pH 3,933 – 6,667; total asam tertitrasi 0,248 – 1,043 % dan total gula 2,648 – 6,987 %. Produk yang memenuhi standar mutu susu fermentasi diperoleh pada tingkat penambahan sari tape ketan hitam ≥ 15 % dan lama pemeraman ≥ 8 jam. Disarankan untuk dilakukan analisa kadar protein, lemak, etanol dan total mikroba, serta disarankan untuk menggunakan sari tape ketan hitam dengan jumlah mikroba yang lebih tinggi sehingga dapat memperkecil penggunaan sari tape ketan hitam

English Abstract

This study aimed to determine the effect of percentage rice fermented liquid fraction addition and incubation times on yeast counts, acidity (pH and total titratable acidity) and total sugars of goat milk. The experimental method was designed by factorial Completely Randomized Design (CRD) which three times replicated. The treatment consists of rice fermented liquid fraction concentrations by 5, 15, 25 and 35 % (v/v) and incubation times by 0 (without incubation), 8, 16, 24 hours. The results showed that the different concentration of rice fermented liquid fraction and incubation times showed a significantly different effect on yeast counts, acidity (pH and total titratable acidity) and total sugars. Yeast counts and total titratable acidity increased with increasing concentration of rice fermented liquid fraction and incubation times, while the pH value decreased. Total sugars increased with increasing concentration of rice fermented liquid fraction, but decreased during incubation. It can be concluded that the different concentration of rice fermented liquid fraction addition and incubation times on goat milk had a different effect on yeast counts, acidity (pH and total titratable acidity) and total sugars. Fermented goat milk samples which meets the quality standards of fermented milk obtained from the addition of rice fermented liquid fraction ≥ 15 % (v/v) and incubation times ≥ 8 hours.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/80/051307352
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Nov 2013 10:33
Last Modified: 19 Oct 2021 13:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137045
[thumbnail of 4._BAB_II.pdf]
Preview
Text
4._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_V.pdf]
Preview
Text
7._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_III.pdf]
Preview
Text
5._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
2._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_I.pdf]
Preview
Text
3._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item