Estimasi Korelasi Genetik Bobot Lahir Dengan Bobot Sapih Kambing Keturunan Kedua (F2) Hasil Persilangan Pejantan Boer Murni Dengan Kambing Lokal

Haqiqi, SohibulHimam (2013) Estimasi Korelasi Genetik Bobot Lahir Dengan Bobot Sapih Kambing Keturunan Kedua (F2) Hasil Persilangan Pejantan Boer Murni Dengan Kambing Lokal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium lapang Sumber Sekar Universitas Brawijaya di Kecamatan Dau Malang mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi nilai korelasi genetik sifat bobot lahir (BL) dengan bobot sapih (BS) pada keturunan kedua (F2) kambing hasil persilangan pejantan Boer murni dengan induk Peranakan Etawah (PE). Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan program seleksi pada kambing hasil persilangan antara Boer murni dengan kambing PE dan dapat digunakan sebagai bahan informasi penelitian selanjutnya. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kambing keturunan kedua (F2) hasil persilangan pejantan Boer murni dengan induk PE yang terdapat di lab lapang Sumber Sekar sejumlah 34 ekor dengan rincian 18 jantan dan 16 betina dari 8 ekor pejantan dan 24 Induk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan dan penimbangan langsung pada ternak di lapang. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah bobot lahir, bobot sapih, induk dan pejantan. Data dianalisis dengan metode analisis ragam pola tersarang. Pendugaan nilai korelasi genetik menggunakan metode korelasi antar saudara kandung dan tiri.

English Abstract

The research was carried out in field laboratory of Sumber Sekar University Brawijaya at Dau District Malang from May to June 2013. The purpose of this research was to estimate the genetic correlation value birth weight and weaning weight in the second Crossbreed generations (F2) between pure breed Boer and local indonesian goat. The material used in this study is the second Crossbreed generations (F2) goat between pure breed Boer and local indonesian goat raised in the field laboratory Sumber Sekar. The thirty four goats with details of 18 males and 16 females from 8 Sires and 24 Dams. Variables observed were birth weight, weaning weight, and sires, dams. Data were analyzed with ANOVA nested pattern. Estimation of genetic correlation value using the correlation between full sibs and half sib. Results showed that the average birth weight in F2 goats at 3,18 ± 0,65 kg and 3,09 ± 0,74 kg in female goats. The weight weaning amounted to 9,17 ± 1,6 kg in F2 females and 8,78 ± 1,47 kg in F2 male goats. Value of the correlation coefficient (r) was 0,983 and the value of the genetic correlation (rg) birth weight with weaning weight, is equal to 0,605.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/162/051310335
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2013 10:23
Last Modified: 13 Nov 2013 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136933
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item