Efek Penggunaan ”Ajitein” Dalam Pakan Terhadap Kualitas Telur Ayam Petelur

Arif, Akhmad (2013) Efek Penggunaan ”Ajitein” Dalam Pakan Terhadap Kualitas Telur Ayam Petelur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilaksanakan selama 42 hari di Peternakan Milik Bapak haji asik, Desa Tumpuk Renteng, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Analisa proksimat bahan pakan dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek terbaik penggunaan campuran “ajitein” dalam pakan terhadap kualitas telur ayam petelur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pembaca diberbagai kalangan sebagai bahan informasi dan pertimbangan penggunaan “ajitein” dalam pakan terhadap kualitas telur ayam petelur. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam petelur Strain Isa Brown umur 22 - 27 minggu sebanyak 80 ekor dengan rata - rata produksi 80 % . Pengamatan dilakukan selama 42 hari. Ajitein yang digunakan dalam penelitian ini adalah limbah cair berasal dari pabrik bumbu masak PT. Ajinomoto, Mojokerto, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan di lapang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan disusun berdasarkan iso energi dan iso protein sesuai dengan perlakuan antara lain pakan basal tanpa penggunaan “ajitein” (P 0 ), pakan basal dengan substitusi konsentra t + “ajitein” 2,5 % (P 1 ), pakan basal dengan substitusi konsentrat + “ajitein” 5 % (P 2 ) dan pakan basal dengan substitusi konsentrat + “ajitein” 7,5 % (P 3 ). Masing – masing perlakuan diulang 4 kali sehingga terdapat 16 unit percobaan dan setiap unit terdiri dari 5 ekor ayam petelur. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah Berat telur (g/butir), Volume putih telur dan kuning telur, Haugt Unit (HU) Telur, Berat gravitasi telur / Specific Gravity, Kandungan protein kuning telur (%). Data yang diperoleh dalam penelitian ini ditabulasi dengan program exel dan dilakukan analisis varian (ANOVA) dari Rancangan Acak Lengkap. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan dan masing-masing kelompok dilakukan Uji Jarak Berganda Duncans. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata berat telur dari perlakuan P0, P1, P2, dan P3 secara berturut – turut adalah 65,42; 64,67; 65,67; dan 67,33 g/butir. Rata – rata volume putih dan kuning telur dari P0, P1, P2, dan P3 secara berturut – turut adalah 33,66; 35,28; 36,68; 33,73 dan 18,36; 17,70; 17,85; 18,93 (ml / 60gr butir telur).. Secara kesuluruhan P0 dan P3 memiliki volume total (kuning telur) lebih besar dari pada P1 dan P2, sedangkan kesuluruhan P1 dan P2 memiliki volume total (putih telur) dari pada P0 dan P3. rata- rata

English Abstract

The aim of this reserch was to find out the effect of the use of “ajitein” on performance in the production of laying hens. The purpose of this research was to observe the effect of the use of "ajitein" performances in the production of feed for laying hens. A total of 80 Isa Brown laying hens from 22 to 27 week of age were randomly allotted to four dietary treatments with 4 replication groups of 5 hens. Dietary treatment were: basal feed without the use of "ajitein" (P0), basal substituted with concentrate feed + "ajitein" 2.5 % (P1), basal substituted with concentrate + "ajitein" 5 % (P2) and basal substituted with concentrate feed + "ajitein" 7.5 % (P3). The variables were the weight of egg, white and yolk volume, Haugh units, specific gravity and egg yolk protein content. Data was analyzed with Completely Randomized Design (CRD). The addition of "ajitein" in the feed was not influenced significantly (P> 0.05) to the weight of egg, white and yolk volume, Haugh units, specific gravity and egg yolk protein content. Based on the research that is done it can be concluded that the use of "ajitein" in the feed at the level of 2.5% - 7.5% showed no significantly different results on the quality of egg laying hens. Use Ajitein up to the level of 7.5% had no negative effects on the quality of the eggs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/143/051308707
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2013 13:12
Last Modified: 21 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136913
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_-_efek_penggunaan_ajitein_dalam_pakan_terhadap_kualitas_telur_ayam_petelur.pdf]
Preview
Text
skripsi_-_efek_penggunaan_ajitein_dalam_pakan_terhadap_kualitas_telur_ayam_petelur.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_1.pdf]
Preview
Text
lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item