Biomonitoring Sungai Brantas Hulu Menggunakan Makroinvertebrata di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

Sari, Ulfia Fitria (2018) Biomonitoring Sungai Brantas Hulu Menggunakan Makroinvertebrata di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sungai merupakan perairan mengalir yang merniliki din berupa arus yang searah dan relatif kencang yang dipengaruhi cleh waktu, iklim dan pola aliran. Sungai Brantas Hulu merupakan sungai yang memiliki sumber dari Sumber Brantas Arboretum, Kota Batu. Sebagian besar aliran sungai terdapat banyak aktivitas di sekitar sungai seperti permukiman, pertanian, perkebunan dan peternakan yang menghasilkan sumbangan Iimbah yang berdampak pada penurunan kualitas air sungai. Adanya aktivitas disekitar sungai dapat mempengaruhi kondisi ekosistem suatu perairan, sehingga diperlukan suatu pemantauan lingkungan saLah satunya dengan menggunakan makroinvertebrata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komposisi makroinvertebrata dan rnenentukan status kualitas air Sungai Brantas Hulu. Kegunaan dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi keilmuan dan bahan tambahan materi perkuliahan tentang makroinvertebrata dan rujukan dalam penentuan kebijakan pengelolaan sumberdaya lingkungan perairan secara terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengambilan sampel makroinvertebrata dilakukan dengan menggunakan kicking net ukuran mata jaring 500 urn, Pengambilan sampel dilakukan selama 3 minggu dengan 3 kali ulangan. Stasiun pengamatan berjumlah 5 stasiun. Analisis data pengamatan makroinvertebrata menggunakan indeks BMWP (Biologycal Monitoring Working Party) dilanjutkan dengan perhitungan ASPT (Average Score Per Taxon). Makroinvertebrata yang ditemukan di Sungai Brantas Huiu terdiri atas 8 famili (Lumbricullidae, Baetidae, Simuliidae, Chironomidae, Planaridae, Hydropsychidae, Hydrophilidae, dan Psychimidae), yang merupakan anggota dari 6 Ordo (Lumbricullidae, Ephemeroptera, Diptera, Planaria, Coleoptera, Trichoptera) dan 2 Kelas (Olighochaeta dan Insekta). Jurnlah famili terendah didapat pada stasiun 4 sejumlah 3 famili, sedangkan jumlah famili tertinggi didapat pada stasiun 3 yaitu sejumlah 6 famili. Hasil analisis indeks BMWP dan perhitungan ASPT Sungai Brantas Hulu Kecarnatan Bumiaji pada Maret 2018 diperoleh 2,67 — 4,83, menunjukkan bahwa kondisi perairan termasuk dalam kategori perairan cukup bersih (sedang) sampai tercemar. Nirlai ASPT tertinggi didapat pada stasiun 3, nilai ASPT terendah didapat pada stasiun 4. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lanjutan mengenai makroinvertebrata dengan metode analisis, serta pengukuran parameter pencernaran yang lain di Sungai Brantas Hulu, serta ditambah wilayah administrasi kawasannya tidak hanya di sate kecamatan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/777/051810751
Uncontrolled Keywords: -Biomonitoring Sungai Brantas
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.73 Land > 333.731 General topics of land
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:38
Last Modified: 09 Dec 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13689
[thumbnail of Ulfa Fitria Sari.pdf]
Preview
Text
Ulfa Fitria Sari.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item