Carlina, MellaAnggun (2012) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Ayam Goreng Fast Food Lokal Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang merupakan salah satu daerah yang terdapat kurang lebih 10 waralaba lokal. Tempat waralaba lokal yang terdapat di Kota Malang letaknya strategis dan mudah dijangkau serta penyajiannya yang cepat dan praktis membuat konsumen sering berkunjung untuk membelinya. Selain itu, rasa, harga, dan pelayanan sangat mempengaruhi konsumen yang berkunjung dalam melakukan pembelian ayam goreng fast food. Tempat penelitian ini dilakukan di lima lokasi yaitu di C’Bezt friedchicken, Amazy Chicken dan Potatoes Crips, Quick Chicken, Jacson, JFC (Jajar Fried Chicken). Pengumpulan data lapang dilaksanakan selama bulan Februari 2012. Waktu pengambilan responden dilakukan pada siang hari mulai pukul 11.00 sampai 13.00 WIB dan malam hari pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Pada hari Sabtu dan Minggu karena banyak pengunjung yang datang pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kepuasan konsumen dalam membeli ayam goreng fast food lokal di Kota Malang: (2) faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli ayam goreng fast food lokal di Kota Malang. Pemilihan responden diambil secara accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang konsumen yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Responden yang dijadikan sampel adalah konsumen yang datang ke lokasi dan melakukan pembelian ayam v goreng fast food baik anak - anak sampai dewasa memiliki umur 10 sampai 55 tahun. Data yang telah didapat dianalisa secara deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan analisis regresi linier berganda dari 4 variabel bebas yaitu variabel kualitas produk (X1), harga (X2), kualitas pelayanan (X3), dan kemudahan (X4) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli ayam goreng fast food lokal di Kota Malang. Besarnya pengaruh dari keempat variabel 25,4% dan sisanya 74,6% adalah pengaruh dari varibel bebas lain yang tidak disertakan dalam penelitian misalnya faktor keuangan responden dan faktor tempat yang strategis. Sedangkan, Uji setiap variabel pada variabel kualitas produk (X1), variabel kualitas pelayanan (X3), variabel kemudahan (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kecuali variabel harga (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh variabel kualitas produk (X1) sebesar 5,82%, variabel harga (X2) sebesar 1,89%, variabel kualitas pelayanan (X3) sebesar 6,52%, dan variabel kemudahan (X4) sebesar 11,09%. Kesimpulan penelitian bahwa konsumen yang melakukan pembelian ayam goreng fast food lokal menyatakan bahwa harga produk yang ditawarkan, pelayanan yang cepat dan ramah, tempat rumah makan cepat saji yang mudah dijangkau, dan tempat parkir yang luas membuat konsumen merasa puas pada saat berkunjung dan mengkonsumsi produk tersebut. Pada perhitungan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, variabel kualitas pelayanan, variabel kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kecuali variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian ayam goreng fast food lokal di Kota Malang. Saran – saran pada saat penelitian yaitu sebagai produsen sebaiknya dalam menyediakan minuman tidak hanya satu jenis vi minuman tetapi diversifikasi terhadap minuman misalnya berbagai jenis minuman tradisional. Pada pelayanan fasilitas sebaiknya produsen lebih menyediakan fasilitas yang lebih lengkap salah satunya tempat wifi, dan ruangan khusus untuk merokok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2012/72/051204437 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 13:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136839 |
Text
Mella_Anggun_C_-_FAPET.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |