Pengembangan Game Augmented Reality Pengenalan Baju Adat Nusantara Menggunakan Kinect Sebagai Kendali Permainan (Kasus Studi : Anak Usia 9 – 12 Tahun)

Pratama, Yudha Hadi (2018) Pengembangan Game Augmented Reality Pengenalan Baju Adat Nusantara Menggunakan Kinect Sebagai Kendali Permainan (Kasus Studi : Anak Usia 9 – 12 Tahun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengenalan baju adat dilakukan sejak anak-anak masuk Sekolah Dasar dalam pelajaran seni budaya dan prakarya. Salah satu kompetensi dasar yang ada yaitu mengelompokkan kesamaan identitas seperti pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas dan upacara adat yang mulai diajarkan dari kelas 4 SD sampai kelas 6 SD atau sekitar umur 9–12 tahun. Sistem pembelajaran yang ada saat ini yaitu sebagian besar menggunakan buku bacaan, buku bacaan sendiri hanya menyajikan beberapa penjelasan dan gambar baju adat sehingga anakanak hanya bisa membaca dan berimajinasi. Kurang interaktif nya media yang digunakan mengakibatkan anak cepat bosan dan akhirnya kurang termotivasi untuk belajar memahami macam-macam baju adat. Oleh karena itu untuk memberikan pembelajaran dan pengenalan tentang baju adat nusantara kepada anak-anak perlu dibuat media yang menarik dan menyenangkan seperti media game. Kelebihan game yaitu kemampuan dari game untuk mengajak pemain dan memotivasi mereka untuk sukses dalam mencapai sebuah tujuan. Solusi berdasarkan permasalahan tersebut yaitu dengan dibuatnya sebuah game edukasi untuk mengenalkan baju adat dengan menggunakan teknologi augmented reality agar lebih interaktif. Tujuan dari penggunaan Augmented Reality dalam pengembangan game edukasi yaitu agar anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan objek virtual untuk mendapatkan experience yang lebih nyata. Hasil dari pengembangan game edukasi untuk mengenalkan baju adat sangat memuaskan, hal ini didasarkan dari hasil pengujian focus testing dan fun testing yang telah dilakukan terjadi peningkatan nilai pada setiap anak yang menandakan bahwa terjadi pembelajaran saat anak memainkan game tersebut.

English Abstract

The introduction of traditional clothes has been done since the children enter elementary school in art and culture lessons and workshop. One of the existing basic competencies is to group identity similarities such as traditional clothes, language, traditional house, traditional food and traditional ceremony that start from grade 4 to grade 6 or around 9-12 years old. The current learning system nowadays is book, the book itself only presents some explanations and pictures of traditional clothes so that children can only read and imagine. The media they use isn’t really interesting so the children get bored quickly and then they are not motivated to learn and understand the kind of traditional clothes. So to provide learning and the introduction of traditional clothes of Indonesia to the children need to be made interesting and fun media such as game. The advantage of game is the ability of the game to persuade players and motivate them to success to reach a goal. The solution based on the problem is by making an educational game to introduce traditional clothes by using augmented reality technology for more interactive. The purpose of using Augmented Reality in the development of educational games is so that children can interact directly with virtual objects to get a more real experience. The results of the development of educational games to introduce traditional clothes is very satisfactory, it is based on the results of focus testing testing and fun testing that has been done where there is an increase in the score of each child that indicates that there is learning when children play the game.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/391/051806230
Uncontrolled Keywords: augmented reality, game edukasi, kendali permainan augmented reality, education game, game controller
Subjects: 700 The Arts > 790 Recreational and performing arts > 790.1 General kinds of recreational activities
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:35
Last Modified: 18 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13675
[thumbnail of Yudha Hadi Pratama.pdf]
Preview
Text
Yudha Hadi Pratama.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item