Pengaruh Konsentrasi Susu Kambing Dan Minyak Nabati Terhadap Ph, Kadar Air Dan Organoleptik (Warna, Aroma, Tekstur Dan Pemakaian) Sabun Susu Kambing

Yuliningrum, KurniaTri (2012) Pengaruh Konsentrasi Susu Kambing Dan Minyak Nabati Terhadap Ph, Kadar Air Dan Organoleptik (Warna, Aroma, Tekstur Dan Pemakaian) Sabun Susu Kambing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011 sampai dengan bulan Februari 2012 di Laboratorium Fisiko-Kimia Hasil Ternak Bagian Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi susu kambing dan minyak nabati yang terbaik terhadap pH, kadar air dan organoleptik (warna, aroma, tekstur dan pemakaian) sabun susu kambing. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi mahasiswa dan semua pihak yang tertarik pada pembuatan sabun susu kambing serta sebagai bahan informasi bagi mahasiswa dan semua pihak mengenai pengembangan produk susu kambing bagi kesehatan kulit manusia. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu kambing yang berasal dari kambing Peranakan Etawa yang diperoleh dari Peternakan Glugu di Batu dan minyak nabati yang terdiri dari minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Metode penelitian ini adalah percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu konsentrasi susu kambing 30 % dan minyak nabati 70 % (P1), konsentrasi susu kambing 40 % dan minyak nabati 60 % (P2), konsentrasi susu kambing 50 % dan minyak nabati 50 % (P3), konsentrasi susu kambing 60 % dan minyak nabati 40 % (P4) dan konsentrasi susu kambing 70 % dan minyak nabati 30 % (P5). Variabel yang diamati adalah pH, kadar air dan kualitas organoleptik (warna, tekstur, aroma dan pemakaian) sabun susu kambing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan konsentrasi susu kambing dan minyak nabati memberikan pengaruh yang nyata (P≤0,05) terhadap pH dan pemakaian sabun susu kambing dan perlakuan perbedaan konsentrasi susu kambing dan minyak nabati memberikan pengaruh yang sangat nyata (P≤0,01) terhadap kadar air, warna, aroma dan tekstur sabun susu kambing. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik sabun susu kambing pada penambahan susu kambing 60 % dan minyak nabati 40 % (P4) karena mampu menghasilkan kualitas sabun susu kambing yang baik ditinjau dari pH, kadar air dan organoleptik sabun susu kambing. pH sabun yang baik adalah sebesar 9,13, kadar air terbaik sebesar 16,82%, warna sabun susu kambing yang baik adalah berwarna kuning kecoklatan, aroma yang baik yaitu aroma sabun susu kambing yang sedikit beraroma parfum, tekstur sabun yang baik adalah yang agak keras dan pemakaian yang nyaman. Disarankan untuk pembuatan sabun susu kambing menggunakan penambahan susu kambing 60 % dan minyak nabati 40 % agar menghasilkan produk yang yang baik ditinjau dari pH, kadar air dan organoleptik (warna, tekstur, aroma dan pemakaian).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2012/127/051204491
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Dec 2012 15:15
Last Modified: 21 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136744
[thumbnail of skripsi_sabun_susu_kambing.pdf]
Preview
Text
skripsi_sabun_susu_kambing.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item