Evaluasi Dan Pemodelan Proses Bisnis Registrasi Akademik Dengan Pendekatan Quality Evaluation Framework (Studi Kasus: Politeknik Unisma)

Prakoso, Topan (2018) Evaluasi Dan Pemodelan Proses Bisnis Registrasi Akademik Dengan Pendekatan Quality Evaluation Framework (Studi Kasus: Politeknik Unisma). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Politeknik UNISMA adalah sebuah insatansi swasta yang bergerak dalam bidang pendidikan yang ada dalam Kota Malang. Dalam melakukan tugasnya ada bidang tertentu yang menangani tugas tertentu seperti bidang akademik pada Politeknik UNISMA. Dalam akademik terdapat tiga proses bisnis utama yang berjalan seperti penjadwalan mata kuliah, proses pembuatan KRS serta proses pembuatan KHS. Dalam melakukan proses bisnis yang berjalan sekarang ini terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai dengan target yang diberikan, oleh karena itu akan mempengaruhi kinerja dari Politeknik UNISMA. Maka perlu dilakukan evaluasi proses bisnis yang berjalan saat ini dengan menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui gap yang terjadi antara perhitungan QEF dan target. Yang harus dilakukan pertama kali adalah pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Kedua menentukan Quality Factor untuk beberapa aktivitas yang berjalan, selanjutnya dilakukan penghitungan pada Quality Factor tersebut menggunakan Quality metric dan dilakukan identifikasi pada Quality Factor yang tidak sesuai dengan target Politeknik UNISMA. Dimana identifikasi menggunakan Root Cause Analysis untuk mencari akar permasalahan pada Quality Factor tersebut. Hasilnya adalah untuk mengetahui mengapa terjadi gap dan akar permasalahan dari Quality Factor tersebut.

English Abstract

Polytechnic UNISMA is a private entity engaged in education in Malang. In performing their duties there are certain areas that handle certain tasks such as academic field at Polytechnic UNISMA. In academic there are three main business processes that run such as the scheduling of courses, the process of making KRS and the process of making KHS. In conducting the current business process there are some activities that are not in accordance with the target given, therefore it will affect the performance of Polytechnic UNISMA. So we need to evaluate the current business process using Quality Evaluation Framework (QEF) to find out the gap that occurs between calculation with QEF and target. Where to do first is modeling business processes using Business Process Model and Notation (BPMN). The second determines the Quality Factor for several activities that run, then done the calculation on Quality Factor is with Quality metric and identified on Quality Factor that is not in accordance with the target Polytechnic UNISMA. Where identification using Root Cause Analysis to find the root of the problem on the Quality Factor. The result is to find out why a gap exists and root of the problem on the Quality Factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/390/051806229
Uncontrolled Keywords: quality evaluation framework (qef), Business Process Model and Notation (BPMN), root cause analysis (rca) quality evaluation framework (qef), Business Process Model and Notation (BPMN), root cause analysis (rca)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Mar 2019 06:52
Last Modified: 18 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13672
[thumbnail of Topan Prakoso.pdf]
Preview
Text
Topan Prakoso.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item