Kontribusi Usaha Peternakan Ayam Arab (Silver Braekels Kriel) Terhadap Pendapatan Rumahtangga Di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri

Hidayat, RizaNur (2012) Kontribusi Usaha Peternakan Ayam Arab (Silver Braekels Kriel) Terhadap Pendapatan Rumahtangga Di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap daerah memiliki keanekaragaman dan potensi daerah yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lain yang dapat dijadikan suatu keunggulan. Kecamatan Kras kabupaten Kediri merupakan daerah potensial pengembangan usaha ternak ayam arab, usaha ternak ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat sejak dulu. Usaha ternak ayam arab turut serta dalam mendukung program pemerintah yaitu pemberdayaan dan peningkatan sistem ekonomi kerakyatan. Sistem ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berorientasi pada peningkatan partisipasi produktif masyarakat dalam penyelenggaraan ekonomi. Melalui sistem ekonomi kerakyatan diharapkan setiap masyarakat ikut serta berpartisipasi dengan harapan meningkatkan perekonomian keluarga sehingga tercapai kesejahteraan. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 6 Maret sampai dengan 6 April 2012 dengan pemilihan lokasi di wilayah kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1. Mengamati efisiensi usaha ternak ayam Arab, 2. Mengetahui kontribusi usaha ternak ayam arab terhadap pendapatan rumahtangga keluarga, 3. Mengetahui tingkat kesejahteraan peternak ayam arab di kecamatan Kras Kabupaten Kediri dengan pengukuran menurut BKKBN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan pengamatan terhadap populasi peternak ayam arab, pengambilan sampel dengan metode total sampling dan analisa perhitungan data menggunakan rumus R/C Rasio untuk mengetahui nilai efisiensi usaha ternak ayam arab. Sampel yang diamati dalam penelitian ini adalah 35 responden, dan membagi menjadi 3 skala berdasarkan jumlah kepemilikan ternak, yaitu skala I memiliki ayam arab sebanyak 100 – 733 ekor, skala II 734 – 1367 ekor, dan skala III 1368 – 2000 ekor. Penilaian tingkat kesejahteraan responden menggunakan pengukuran dari BKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efisiensi yang didapatkan masing – masing skala I, II, dan III berturut – turut adalah 1,47 ; 1,54 ;dan 1,61. Ini menunjukkan bahwa usaha ternak ayam arab yang dijalankan oleh peternak sudah efisien, dan yang paling efisien adalah pada skala III. Kontribusi ternak ayam arab terhadap pendapatan rumahtangga masing – masing skala I, II, dan III berturut – turut adalah 47,42 % ; 77,35 % dan 61,02 %. Kesejahteraan peternak ayam arab yang diamati dalam penelitian menunjukkan bahwa semua peternak ayam arab memiliki kondisi yang sejahtera, yaitu pada skala I rata – rata menunjukkan keadaan sejahtera II, sedangkan untuk skala II dan III rata – rata menunjukkan pada kondisi keluarga sejahtera III sampai dengan sejahtera III plus. Disarankan sebaiknya peternak pada skala I lebih memperhatikan manajemen pemeliharaan usaha ternak ayam arab dengan melakukan Replacement stock secara rutin dan segera melakukan afkir untuk ternak yang sudah tidak produktif untuk menghindari pemborosan pakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2012/100/051204464
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Dec 2012 10:33
Last Modified: 21 Oct 2021 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136715
[thumbnail of SKRIPSI_RIZA_NUR_HIDAYAT.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZA_NUR_HIDAYAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item