Shofa, NilaFithria (2011) Perilaku Konsumen dalam Membeli Bakso Daging Sapi di Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Malang merupakan salah satu daerah yang dapat dikatakan memiliki makanan kuliner yang beraneka ragam, terutama makanan berjenis bakso, banyak sekali usaha bakso daging sapi yang terkenal di Malang karena citarasanya yang khas. Konsumsi dan daya beli masyarakat Indonesia terhadap bakso daging sapi saat ini mengalami peningkatan dan sangat menarik untuk dilakukan observasi. Tempat penelitian dilakukan di lima lokasi yaitu di Bakso Solo Kidul Pasar, Bakso Kota Cak Man, Bakso Bakar Pahlawan Trip, Bakso President, Bakso Duro Kepanjen Malang. Pengumpulan data lapang dilaksanakan pada bulan April 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik konsumen secara segmentasi demografi dalam melakukan pembelian bakso daging sapi di Malang; (2) faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen secara signifikan dalam pembelian bakso daging sapi di Malang Raya. Pemilihan responden diambil secara accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Responden yang dipakai adalah yang datang untuk membeli bakso daging sapi sebanyak 120 responden. Data yang telah didapat kemudian dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Analisis ini dilakukan dengan cara dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan, dengan analisis faktor diketahui dari 22 variabel setelah dilakukan rotasi faktor menjadi 21 variabel yang tersebar dalam 8 faktor. Sisanya 1 variabel dikeluarkan dari model karena variabel (Kesesuaian Kriteria) yang hanya memiliki factor loading 0,377. Hasil uji analisis faktor diperoleh bahwa faktor perilaku konsumen dalam pembelian bakso daging sapi di Malang Raya menghasilkan 8 faktor yang terbentuk. Masing-masing faktor diberi nama indeks persepsi konsumen dengan prosentase varians sebesar 16,692% dan factor loading terbesar yaitu 0,717, indeks Lingkungan dengan prosentase varians sebesar 9,310% dan factor loading terbesar yaitu 0,741, indeks referensi dengan prosentase varians sebesar 8,707% dan factor loading terbesar yaitu 0,814, indeks kepedulian produsen dengan prosentase varians sebesar 6,951% dan factor loading terbesar yaitu 0,780, indeks karakteristik produk dengan prosentase varians sebesar 6,938% dan factor loading terbesar yaitu 0,924, indeks pengalaman dengan prosentase varians sebesar 5,663% dan factor loading terbesar yaitu 0,798, indeks kepuasan konsumen dengan prosentase sebesar 4,790% dan factor loading terbesar yaitu 0,748, sedangkan indeks karakteristik konsumen sebesar 4,708% memiliki factor loading sebesar 0,767. Kedelapan faktor tersebut memiliki prosentase kumulatif sebesar 63,759%. Kesimpulan penelitian bahwa Pola pembelian produk bakso daging sapi oleh responden yang paling dominan yaitu Complex Decision Making atau keputusan pembelian karena produk sesuai yang diinginkan. Faktorfaktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian bakso daging sapi di Malang Raya yaitu, Faktor persepsi konsumen, faktor lingkungan, referensi, kepedulian produsen, karakteristik produk, pengalaman, kepuasan konsumen, dan karakteristik konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2011/65/051103577 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 14 Feb 2012 09:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136682 |
Text
051103577.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |