Pengaruh penggunaan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk tepung dan terenkapsulasi sebagai aditif pakan terhadap aktivitas enzim amilase, protease dan lipase usus halus ayam pedaging

DyanovitaAlkurnia (2010) Pengaruh penggunaan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk tepung dan terenkapsulasi sebagai aditif pakan terhadap aktivitas enzim amilase, protease dan lipase usus halus ayam pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai 2 September 2009 di Laboratorium Lapang Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk tepung dan terenkapsulasi sebagai aditif pakan terhadap aktivitas enzim amilase, protease dan lipase ayam pedaging. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dan pertimbangan tentang campuran kunyit dan jahe bentuk tepung dan terenkapsulasi terhadap aktivitas enzim amilase, protease dan lipase ayam pedaging. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 160 ekor ayam pedaging dari strain loghman, campuran kunyit dan jahe bentuk tepung dan terenkapsulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola tersarang, dimana terdiri dari dua bentuk faktor dan 5 level perlakuan, yaitu penambahan 0 %, 0,2 %, 0,4 %, 0,6 %, 0,8 %. Setiap perlakuan diulang 4 kali dan setiap ulangan diisi 4 ekor. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas enzim amilase, protease dan lipase ayam pedaging. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis statistik RAL pola tersarang dan apabila terdapat perbedaan antar perlakuan maka diuji dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk tepung dan terenkapsulasi sebagai aditif pakan memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas enzim amilase, protease dan lipase ayam pedaging. Aktivitas enzim amilase tertinggi terdapat pada BIL4 atau terdapat pada perlakuan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk terenkapsulasi (108,00 ± 0,54 unit/g) dan yang terendah pada perlakuan B0L0 (40,22 ± 0,68 unit/g). Aktivitas enzim protease tertinggi terdapat pada BIL4 atau terdapat pada perlakuan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk terenkapsulasi (433,84 ± 0,99 unit/g) dan yang terendah pada perlakuan B0L0 (199,21 ± 7,92 unit/g). Aktivitas enzim lipase tertinggi terdapat pada BIL4 atau terdapat pada perlakuan campuran kunyit dan jahe dalam bentuk terenkapsulasi (145,51 ± 10,11 unit/g) dan yang terendah pada perlakuan B0L0 (276,84 ± 4,79 unit/g). Berdasarkan hasil penelitian penggunaan campuran kunyit dan jahe sebagai aditif pakan dalam bentuk terenkapsulasi lebih optimal jika dibandingan dengan bentuk tepung dalam meningkatkan aktivitas enzim amilase, enzim protease dan enzim lipase ayam pedaging. Level penggunaan campuran kunyit dan jahe terenkapsulasi dalam pakan sebesar 0,8 % memberikan hasil terbaik dalam meningkatkan aktivitas enzim amilase, protease dan lipase ayam pedaging.

English Abstract

The purpose of this research was to examine the influence of using flour and encapsulated of turmeric and ginger mixture on amylase activity, protease activity and lipase activity on broiler small intestin. The material used in this research were 160 broilers of 1 day of age, flour and encapsulated of turmeric and ginger mixture. The encapsulant used were maltodextrin 75 %: casein 25 %: BHT 0,075 % from ekstrak of turmeric and ginger mixture 10 %. Broilers were randomly allotted to form of two factor and five level dietary treatments were 0 %, 0,2 %, 0,4 %, 0,6 %, 0,8 % four replications each. The variables observed were amylase activity, protease activity and lipase activity on broiler small intestin. Data were analyzed by using Completely Randomized Design with by nested, if there was significant effect it was followed by Duncan’s Multiple Range Test. The result of this research showed that the use of turmeric and ginger mixture in the form of flour and encapsulated did not differ reality (P>0,05). Influence of level of flour and encapsulated of turmeric and ginger mixture was differ very real (P<0,01) improved amylase activity, protease activity and lipase activity on broiler small intestin. The conclusion of this research was addition of encapsulated of turmeric and ginger mixture as feed additive to improve amylase activity, protease activity enzyme and lipase activity enzyme on broiler small intestin. The optimally level supplementation of feed additive encapsulated of turmeric and ginger mixture was 0,8 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/35/051000638
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2010 09:19
Last Modified: 20 Oct 2021 15:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136588
[thumbnail of 051000638.pdf]
Preview
Text
051000638.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item