PramitaWidyasindy (2011) Strategi Pemasaran Ayam Pedaging Dengan Menggunakan Analisis “SCORPIO” di KUD Sari Bumi Bululawang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2010 di KUD Sari Bumi Bululawang Kabupaten Malang. Masalah Penelitian adalah bagaimana menetapkan straregi pemasaran yang tepat dengan menggunakan analisis SCORPIO untuk pemasaran ayam pedaging di KUD Bumi Sari – Bululawang Kabupaten Malang, sehingga dapat meningkatkan jumlah pemasaran yang telah dicapai yang berakibat pada peningkatan keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah Menentukan strategi pemasaran ayam pedaging berdasarkan skala usaha dan secara umum pada KUD Sari Bumi dengan menggunakan analisis SCORPIO. Kegunaan penelitian adalah Sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi KUD Sari Bumi mengenai strategi pemasaran ayam broiler yang tepat untuk mengembangkan usahanya, sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi peternak ayam broiler mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan usahanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey digunakan untuk mengumpulkan data primer. Pengumpulan data primer diperoleh dari KUD Sari Bumi dan dari peternak plasma anggota kemitraan dengan menggunakan instrument observasi, wawancara dan kuisioner, alasan responden penelitian ditujukan kepada peternak plasma karena sebagian besar peternak plasma adalah pegawai yang bekerja di KUD Sari Bumi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara eksplanatif dengan menggunakan analisis SCORPIO. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara judgemental sampling dengan jumlah responden sebanyak 20 orang. Variabel yang dianalisis dalam analisis SCORPIO diantaranya adalah, S (Segmentation and Targeting), C (Customer), O (Organization process and Culture), R (Retention Strategy), P (Positioning and Branding), I (Industry and Market), dan O (Offerings). KUD Sari Bumi pada awalnya merupakan gabungan tiga Koperasi Pertanian (Koperta) yang berbadan hukum dan berada di wilayah Kecamatan Bululawang. Unit unggas berdiri pada tahun 1984 dan anggotanya adalah peternak unggas di wilayah kerja KUD Sari Bumi. Unit unggas merupakan unit inti yang memasok sarana produksi. Kerjasama antara Unit Unggas KUD Sari Bumi dan peternak plasma ini disebut dengan kemitraan, dimana KUD Sari Bumi juga bertugas untuk memasarkan hasil ternak ayam pedaging. Pada bagian unit unggas mempunyai 5 orang karyawan, dimana 1 orang sebagai manajer unit unggas dan 4 orang lainya sebagai stafnya. Staf meliputi bagian administrasi 2 orang dan bagian PPL serta penimbang pada saat panen masingmasing 1 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada strata I (< 2000 ekor) dan strata II (2000 – 5000 ekor) variable Segmentation and Targeting memiliki nilai tertinggi karena peternak ini di KUD Sari Bumi sangat memahami target pembeli dan sangat bisa melakukan pendekatan serta memprioritaskan pembeli yang ada dipasar. Sedangkan pada strata III (> 5000 ekor) variable Segmentation and Targeting dan Retention Strategy memiliki nilai tertinggi karena peternak ini tidak hanya dapat memahami pembeli saja, tetapi peternak juga dapat mempertahankan pembeli sehingga mereka cukup banyak memiliki pelanggan tetap yang membeli hasil panen ayam pedaging nya. Sedangkan variable yang memiliki nilai terendah yaitu Industry and Market ini karena sebagian peternak di KUD Sari Bumi tidak memasarkan hasil panen ayam pedagingnya sendiri, melainkan KUD Sari Bumi yang memasarkan hasil panen ayam pedaging. Karena variable Industry and Market memiliki nilai terendah, maka strategi yang tepat untuk peternak strata I (<2000 ekor),strata II (2000 – 5000 ekor), dan strata III (>5000 ekor) yaitu peternak bisa memperluas wilayah pemasaran ayam pedaging mereka dengan mencoba memasarkan ayam pedaging mereka sendiri dan lebih memperhatikan pesaing dalam usaha yang serupa, sehingga dapat menghasilkan inovasi baru dalam strategi pemasaranya yang dapat menjadi masukan bagi KUD “Sari Bumi”. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini diantaranya adalah KUD Sari Bumi dan peternak di Bululawang disarankan untuk terus melakukan pengembangan dan peningkatan terhadap kualitas ayam pedaging. KUD Sari Bumi sebaiknya memberikan kebebasan kepada peternak untuk memasarkan sendiri hasil ayam pedaging nya, sehingga KUD “Sari Bumi” bersama peternak dapat mengevaluasi kegiatan pemasaranya agar didapatkan inovasi – inovasi baru untuk menentukan strategi pemasaran yang berguna untuk perkembangan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2010/181/051100357 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2011 09:25 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 15:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136569 |
Text
051100357.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |