Efek penambahan Enzyme Modified Cheese (EMC) bubuk terhadap aktivitas protease, aktivitas lipase, kadar protein dan kadar lemak keju gouda muda

AdiWidodoRakhmadhani (2010) Efek penambahan Enzyme Modified Cheese (EMC) bubuk terhadap aktivitas protease, aktivitas lipase, kadar protein dan kadar lemak keju gouda muda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan dan pengambilan data penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisiko-Kimia Hasil Ternak, Laboratorium Rekayasa dan Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran, Laboratorium Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Balai Penelitian dan Konsultasi Industri (BPKI) Surabaya. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Juni sampai dengan Desember 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Enzyme Modified Cheese (EMC) bubuk terhadap aktivitas protease, aktivitas lipase, kadar protein, dan kadar lemak keju Gouda muda. Materi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain keju Gouda muda, EMC bubuk, lesitin. Metode yang digunakan adalah percobaan tersarang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan pada keju Gouda muda adalah (P0 : tanpa penambahan EMC bubuk 0%; P1: dengan penambahan EMC bubuk 2%), kemudian dilakukan pemeraman (R0: 0 bulan, R1: 1 bulan, R2: 2 bulan, R3: 3 bulan). Varibel pengamatan meliputi aktivitas protease, aktivitas lipase, kadar protein, dan kadar lemak. Data yang diperoleh ditabulasi berdasarkan model analisis varian (ANOVA), apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan EMC bubuk memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas enzim protease, enzim lipase, dan kadar protein, namun tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) pada kadar lemak pada keju Gouda selama pemeraman. Perlakuan lama penyimpanan selama 3 bulan memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai aktivitas enzim protease, enzim lipase, dan kadar lemak, berlawanan dengan kadar protein yang tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05). EMC bubuk sebanyak 2% yang ditambahkan pada keju Gouda muda dengan pemeraman selama 3 bulan dapat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas protease, aktivitas lipase, dan kadar protein, sedangkan kadar lemak dengan peneraan makro pada keju Gouda tidak berbeda secara signifikan. Penggunaan EMC bubuk dengan konsentrasi 2% dapat disarankan pada penambahan keju Gouda muda untuk akselerasi pemeraman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/163/051100016
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2011 10:20
Last Modified: 20 Oct 2021 14:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136549
[thumbnail of 051100016.pdf]
Preview
Text
051100016.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item