Pengaruh Waktu Penyimpanan pada Aplikasi Edible Film Gluten terhadap Kualitas Mikrobiologis (Total Plate Count, Coliform, Bakteri Asam Laktat dan Salmonella) Keju Gouda

IkaSulistyaningsih (2009) Pengaruh Waktu Penyimpanan pada Aplikasi Edible Film Gluten terhadap Kualitas Mikrobiologis (Total Plate Count, Coliform, Bakteri Asam Laktat dan Salmonella) Keju Gouda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan data dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Fisikokimia Program Studi Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan mulai tanggal 20 April 2008 sampai dengan 26 Mei 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu penyimpanan pada aplikasi edible film gluten terhadap kualitas mikrobiologis ( Total Plate Count, Coliform , Bakteri Asam Laktat dan Salmonella ) keju Gouda. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah edible film yang terbuat dari gluten, keju Gouda yang berasal dari Perusahaan Keju Malang di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dan asam benzoat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok. Perlakuan yang dicobakan adalah waktu penyimpanan. Variabel yang diukur adalah kualitas mikrobiologis ( Total Plate Count, Coliform , Bakteri Asam Laktat, Salmonella ) keju Gouda. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan analisis ragam kemudian diteruskan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu penyimpanan 0 hari (P0) dan 1 minggu (P1) pada aplikasi edible film gluten tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah TPC, Coliform dan Salmonella keju Gouda, tetapi memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah BAL, waktu penyimpanan 1 minggu (P1) dan 2 minggu (P2) pada aplikasi edible film gluten memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah TPC, Coliform dan Salmonella keju Gouda dan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah BAL, waktu penyimpanan 2 minggu (P2) dan 3 minggu (P3) pada aplikasi edible film gluten memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah TPC dan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah Coliform , BAL dan Salmonella , waktu penyimpanan 3 minggu (P3) dan 4 minggu (P4) pada aplikasi edible film gluten memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah Coliform dan Salmonella dan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah TPC dan BAL. Kesimpulan penelitian ini adalah waktu penyimpanan pada aplikasi edible film gluten dapat mengurangi pertumbuhan mikroorganisme meliputi TPC, Coliform , Bakteri Asam Laktat dan Salmonella.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/39/050900788
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2009 09:13
Last Modified: 20 Oct 2021 10:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136460
[thumbnail of 050900788.pdf]
Preview
Text
050900788.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item