Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi Di Hypermart Malang Town Square Dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran

NurMuholip (2009) Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi Di Hypermart Malang Town Square Dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor bauran pemasaran yang paling dominan dalam membeli daging sapi, mengetahui model faktor pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli daging sapi dan mengetahui strategi pemasaran di Hypermart MATOS. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 03 Juni sampai 05 Juli 2008 di Hypermart MATOS dengan menggunakan sampel 84 responden. Metode yang digunakan adalah metode survey terhadap konsumen daging sapi di Hypermart MATOS. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Sumber data menggunakan data primer yaitu hasil kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Analisa data primer menggunakan analisis faktor program SPSS 16 untuk mengetahui model faktor yang dipertimbangkan konsumen dan analisis SWOT untuk memperoleh gambaran keadaan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan faktor bauran pemasaran yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli daging sapi adalah produk, tempat, harga dan promosi yang memiliki pengaruh masing-masing sebesar 26,414 persen, 26,165 persen, 24,643 persen, 22,778 persen. Model faktor yang menjadi pertimbangan, antara lain: faktor 1 produk dan perbandingan harga yang terdiri dari variabel X5 ( aroma ), X7 (warna), X8 ( label kadaluarsa ), X11 ( perubahan harga ), faktor 2 kemasan yang terdiri dari variabel X1 ( bentuk kemasan ), X2 ( kepraktisan membuka kemasan ) dan X3 ( bahan kemasan ), faktor 3 display produk pada showcase yaitu pada variabel X4 ( display produk ). Masing-masing model faktor memiliki pengaruh sebesar 33,472 persen, 14,958 persen, 11,413 persen. Strategi pemasaran growth and build yang terdiri dari penetrasi pasar dengan menetapkan harga jual murah dan berkualitas pada segmen pasar yang sensitif pada harga, pengembangan produk ( diversivikasi ) yang mengacu pada model faktor produk dan perbandingan harga, kemasan dan display dengan memberikan informasi resep masakan dari setiap jenis daging sapi, dan pengembangan pasar sesuai dengan keadaan demografi dan karakteristik konsumen daging sapi di kota Malang. Disimpulkan bahwa faktor bauran pemasaran yang paling dominan di pertimbangkan konsumen adalah produk,tempat, harga dan promosi, model faktor yang terbentuk produk dan perbandingan harga, kemasan dan display dengan menggunakan strategi pemasaran pengembangan dan pertumbuhan. Disarankan untuk melakukan survey pasar dalam menentukan harga jual daging sapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/20/050900673
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2009 08:48
Last Modified: 20 Oct 2021 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136440
[thumbnail of 050900673.pdf]
Preview
Text
050900673.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item